Cara Petani Budidaya Selada Untuk Dapatkan Hasil Panen Maksimal

Dasar Pertanian - Selada (Lactuca sativa) adalah tanaman sayur yang banyak di budidayakan di negara yang memiliki iklim sedang maupun tropis. Salah satunya adalah indonesia yang juga merupakan negara yang banyak membudidayakan tanaman selada ini. Tanaman ini biasa banyak digunakan sebagai lalapan maupun sayuran guna mencukupi kebutuhan gizi. Tak jarang kita jumpai jika selada sering digunakan sebagai lalapan pada salah satu masakan indonesia, sebut saja nasi uduk yang pasti tidak ketinggalan dengan lalapan daun selada. Dengan banyaknya kebutuhan dan permintaan akan tanaman sayur ini, membuat petani banyak yang mencoba menanam selada. Bagi pemula yang ingin mencoba cara menanam selada yang baik dan benar, bisa anda ikuti terus dan baca artikel ini sampai habis.

Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian mencoba memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara sederhana budidaya selada yang baik dan benar. Namun demikian meskipun cara ini cukup sederhana, jika anda terapkan dengan benar maka anda akan bisa nantinya membudidayakan tanaman selada sampai panen dan menghasilkan panen yang bagus.

Oh iya untuk jenis-jenis selada apakah anda tahu? Sebenarnya jenis-jenis selada yang di budidayakan di indonesia ada beberapa macam, salah satunya adalah selada keriting. Namun pada postingan selanjutnya nanti akan kita bahas pula jenis-jenis selada sayur. Mari kita masuk pada inti artikel ini yakni cara menanam selada yang baik dan benar, berikut penjelasannya.

Cara Budidaya Tanaman Selada

Cara Budidaya Selada Untuk Dapatkan Hasil Panen Maksimal


Menanam selada memang mudah, namun yang sulit adalah bagaimana agar selada yang kita tanam ini dapat menghasilkan hingga dapat dipanen. Nah berikut ini beberapa tips budidaya selada yang bisa anda coba.

1. Persiapkan bibit

Sebelum menanam selada, tentu anda harus memiliki bibit atau benihnya terlebih dahulu. Apakah tanaman selada ini ada bibitnya yang dijual? Ditoko pertanian banyak yang menjual bibit selada ini, bentuk bibit selada ini hampir sama dengan bibit sayuran lain seperti sawi, kangkung, dan lain-lain. Yang membedakan mungkin ukurannya. Bentuk bibit selada ini butir-butir kecil yang cara pembibitannya bisa disemaikan pada polybag atau ditanah bedengan. Silahkan anda semaikan bibit selada, jika anda memilih menggunakan polybag maka silahkan pilih jenis polybagnya, jika anda membibitkan selada pada bedengan maka buat dulu bedengannya.


2. Pembibitan

Setelah anda menyiapkan media untuk menyemai bibit selada, maka silahkan anda taburkan bibit pada media tanam secara merata dan tutup dengan menggunakan daun-daunan supaya tidak dimakan ternak maupun burung. Pada saat pembibitan selada, usahakan perawatan yang anda lakukan harus benar-benar baik, seperti menyiram dan pemupukan. Setelah bibit cukup untuk dipindahkan, maka segera pindahkan bibit selada ketempat yang lebih besar dengan mengatur jarak tanam.


3. Perawatan

Setelah bibit dipindahkan, langah seanjutnya adalah merawat tanaman selada dengan baik dan benar. Cara merawat tanaman selada yang baik dan benar adalah dengan memberikan pupuk, menyiram dengan tepat, membersihkan gulma, membasmi hama dan penyakit. Dengan tehnik perawatan yang tepat, maka tanaman selada akan tumbuh dengan baik dan dapat dipanen setelah 20-30 hari setelah bibit dipindahkan.

Itulah beberapa tips Budidaya Selada Untuk Dapatkan Hasil Panen Maksimal, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Cara Petani Budidaya Selada Untuk Dapatkan Hasil Panen Maksimal"

Post a Comment