Inilah Penyebab Jambu Air Busuk dan Berulat

Dasar Pertanian - Dalam budidaya buah jambu air, ada saatnya kita mengalami masalah. Masalah yang sering timbul pada tanaman jambu air adalah buah yang sering busuk dan berulat. Penyebab buah jambu air busuk dan berulat pertama kali sebenarnya bukan ulat yang masuk pada buah jambu, tetapi ada penyebab lain yang membuat buah jambu jadi berulat hingga membuat buah jambu busuk. Pernahkah anda memetik buah jambu air, bagian luarnya terlihat mulus dan sepertinya tidak busuk, tapi begitu dibuka ternyata dalamnya banyak ulatnya. Jika sudah demikian maka pasti anda kecewa dan jengkel sendiri bukan?

Lihat juga : Penyebab Jambu Madu Hambar dan Tidak Manis

Masalah buah jambu air sering busuk dan berulat ini bukan pertama kali terjadi, bahkan rata-rata orang yang membudidayakan buah jambu pernah mengalami hal seperti ini. Parahnya lagi mereka sudah berusaha mencari cara menghilangkan ulat jambu air namun belum juga berhasil. Ada juga yang membeli obat jambu air agar tidak busuk, namun belum juga berhasil. Sebenarnya hama seperti apa sih yang menjadi penyebab buah jambu air sering busuk dan berulat? Bagaimana pula Cara mencegah agar buah jambu air tidak busuk dan berulat?

Penyebab Jambu Air Busuk dan Berulat
Gambar buah jambu air busuk dan berulat ( Foto original dasar-pertanian )

Penyebab Jambu Air Busuk dan Berulat


1. Lalat buah

Penyebab buah jambu air seringkali busuk hingga berulat adalah lalat buah. Lalat buah ini selalu hinggap pada saat pohon jambu air sedang berbunga. Jika tidak disemprot dengan benar maka dapat mengakibatkan buah jambu busuk dan berulat. Lalat buah ini akan meletakkan telurnya pada buah dengan cara menyuntikkanya hingga menjadi larva dan berkembang didalam buah sampai menjadi ulat.


2. Lebah/tawon buah

Selain lalat buah, ada juga hama tawon yang suka menghisap dan menyuntikkan penyakit pada buah jambu, sehingga jika buah jambu sudah terkena penyakit tersebut akan mengalami busuk.


3. Ulat buah

Nah ulat ini adalah faktor yang paling berperan dalam membusukkan buah jambu. Coba anda buka buah jambu yang busuk pasti didalamnya ada ulatnya. Sebenarnya ulat ini sudah ada sejak buah jambu masih kecil/pentil, karena adanya sengatan lalat buah tadi. Makanya tidak heran kita melihat buah jambu yang luarnya bagus tapi ddalamnya busuk.

Itulah beberapa Penyebab Jambu Air Busuk dan Berulat, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Penyebab Jambu Air Busuk dan Berulat"

Post a Comment