Inilah Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian Yang Wajib Anda Tahu

Dasar Pertanian - Siapa sih yang tidak kenal dengan durian? Semua orang pasti tahu dengan buah yang memiliki aroma khas dan rasa yang manis ini. Buah durian memang memiliki ciri khas dengan aroma yang wangi dan rasa yang manis, sehingga bagi para pecinta durian akan merasa ketagihan bila sudah memakannya. Namun dibalik rasa yang manis tersebut, ternyata tidak semanis cara menanam dan merawatnya. Karena banyak orang yang sudah berusaha menanam durian tapi hingga kini tidak pernah merasakan nikmatnya durian hasil tanaman sendiri. Lalu kenapa banyak orang gagal dalam budidaya durian? Kalau untuk menanam sih semua orang pandai, tapi yang sulit adalah bagaimana cara agar pohon durian dapat berbuah.

Lihat juga : Penyebab Kenapa Pohon Durian Tidak Mau Berbuah

Jika selama ini anda juga mengalami hal tersebut, maka anda perlu sedikit belajar dan sabar. Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan memberikan sedikit gambaran dan tips tentang salah satu cara agar pohon durian dapat berbuah. Karena salah satu cara yang tidak dapat ditinggalkan dalam budidaya durian adalah tehnik perawatan. Merawat tanaman durian mulai dari pemupukan, penyiraman, hingga pemangkasan sangat penting sekali. Namun pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah manfaat pemangkasan pada tanaman durian.

Pemangkasan durian maksudnya adalah kita melakukan pemangkasan terhadap tunas-tunas kecil yang tidak produktif dan justru mengganggu pertumbuhan cabang utama. Cabang dan tunas di bawah percabangan utama juga perlu dibuang, dan cabang-cabang yang terkena seranga OPT. Tehnik pemangkasan tunas dan ranting yang tidak berguna ini dapat kita lakukan dengan menggunakan alat seperti gunting, pisau, dan alat lainnya yang tajam. Perlu anda tahu bahwa manfaat dari pemangkasan tunas air pada tanaman durian ini sangat besar sekali dan  berpengaruh terhadap produktivitas buah durian.

Manfaat pemangkasan pohon durian terutama pada bagian ranting dan tunas-tunas kecil yang ada dicabang-cabang tanaman antara lain sebagai berikut :


Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian


1. Dapat mempercepat produksi buah
2. Dapat membuat tanaman lebih pendek ( bagi yang suka tabulampot )
3. Dapat membuat buah menjadi lebat

Jadi mungkin itulah beberapa manfaat dari pemangkasan pohon durian yang dapat kita lakukan, mudah-mudahan dengan tehnik pemangkasan yang tepat, pohon durian yang anda tanam dapat menghasilkan buah durian yang bagus, lebat dan manis. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian Yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment