Wow...Ternyata Besar Sekali Keuntungan Yang Akan Diperoleh Dari Budidaya Sengon

Dasar Pertanian - Budidaya sengon atau albasia sangat menguntungkan sekali jika diterapkan metode yang benar. Sengon merupakan salah satu tanaman keras yang menghasilkan kayu dan bisa juga digunakan sebagai tanaman peneduh. Namun jika menginginkan untung yang besar dari budidaya sengon, maka anda sangat tepat sekali mau menanam sengon. Tahukah anda bahwa prospek usaha dari pembudidayaan pohon sengon ini dapat membuat anda kaya dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun. Memang jika dilihat dari waktunya cukup lama, tetapi anda perlu tahu berapa keuntungan yang akan anda peroleh selama 5 tahun membudidayakan sengon ini.

Banyak orang yang bertanya memangnya berapa sih keuntungan yang akan diperoleh dari budidaya sengon ini? Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan memberikan sedikit gambaran terkait untungnya menanam pohon sengon. Kalau diperkirakan secara rinci memang untung besar jika kita mau tekun membudidayakn sengon. Mau tahu berapa taksiran keuntungan budidaya sengon dalam lahan 1 hektarnya? Yuk simak perkiraan beriikut ini.

Sengon adalah tanaman kayu yang dapat dibudidayakan pada lahan terbuka, artinya jika anda memiliki lahan kosong yang tidak produktif berarti anda memiliki peluang untuk sukses dalam budidaya sengon. Karena kebanyakan masyarakat membiarkan lahan kosong yang tidak produktif tanpa dipergunakan atau tidak dimanfaatkan untuk membuat peluang usaha. Salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan adalah menanam pohon sengon. Kenapa harus sengon yang ditanam?

Ya sengon memang cocok ditanam dilahan kosong yang tidak produktif, dan lagi pula keuntungan yang akan diperoleh dari menanam sengon sangat menggiurkan sekali. Bayangkan jika anda memiliki lahan kosong 1 hektar dan anda tanam sengon. Maka dalam waktu kurang lebih 5 tahun anda akan meraup keuntungan sebesar Rp867 juta. Woow..sungguh fantastis bukan? Kok bisa sebesar itu untung yang kita peroleh dari menanam sengon?

Keuntungan Menanam Pohon Sengon


Begini penjelasannya : Perkiraan lahan 1 hektar idealnya dapat ditanami sengon sekitar 2.500 pohon dengan jarak tanam kurang lebih 2x2 meter persegi. Jika kita perkirakan satu pohon sengon dapat menghasilkan kayu 0,8 meter kubik yang jika dijual sekitar Rp.450 ribu ( harga dibawah standar ), maka jika ada 2.500 pohon sengon artinya anda akan memiliki keuntungan sebesar 1 milyar lebih. Dikurangi biaya perawatan dan sebagainya anggaplah Rp50 juta. Maka anda masih untung besar.

Atau jika anda tidak punya lahan 1 hektar, anggaplah anda punya modal Rp5 juta. Anda belikan bibit sengon dengan harga perbibit Rp500 dan anda belikan 200 bibit berarti biaya Rp1 juta untuk beli bibit. Sisa Rp4 juta untuk perawatan dan pupuknya. Perkiraan untuk perawatan Rp4 juta sudah cukup. Setelah 5 tahun kedepan maka anda akan meraup keuntungan sekitar Rp90 juta dikurangi biaya bibibt dan perawatan Rp5 juta, masih sisa Rp85 juta rupiah. 

Bagaimana ? Sungguh fantastis bukan jika mau menanam pohon sengon dengan baik dan benar. Ilustrasi diatas hanya perkiraan saja, anda bisa dapatkan lebih dari itu bisa juga kurang tergantung harga dan lokasi anda saat menjual dan membeli bibit. Mau membudidayakan sengon supaya dapat meraup keuntungan besar?

Silahkan baca : Cara Menanam Pohon Sengon ( Albasia ) Yang Baik dan Benar

Itulah sedikit informasi dan perkiraan keuntungan yang akan kita peroleh dari budidaya sengon. Mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi anda semua yang memiliki lahan kosong tidak produktif supaya dapat dimanfaatkan untuk membudidayakn sengon. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Wow...Ternyata Besar Sekali Keuntungan Yang Akan Diperoleh Dari Budidaya Sengon"

Post a Comment