Inilah Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga

Dasar Pertanian - Memiliki tanaman buah mangga sendiri dirumah merupakan hal yang sangat menyenangkan sekali, lebih lagi jika tanaman mangga sudah mulai berbuah. Banyak orang yang membudidayakan buah mangga pada pekarangan maupun halaman depan rumah. Cara budidaya buah mangga yang sering dilakukan oleh banyak orang yaitu menanam didalam pot ( tabulampot ). Seperti yang saya lakukan juga, saya senang sekali budidaya tanaman buah didalam pot. Salah satu buah yang saya tanam didalam pot adalah mangga. Buah mangga yang bagus dan berkualitas akan tumbuh dan berkembang sangat cepat, terhindar dari segala penyakit dan hama. Meskipun demikian tetap saja ada hama yang suka menyerang tanaman mangga.

Hama dan penyakit merupakan faktor penyebab banyak orang gagal dalam budidaya tanaman buah maupun tanaman lainnya. Karena hama dan penyakit ini akan merusak dan menyebabkan tanaman mati. Seperti pada tanaman buah mangga yang saya budidayakan didalam pot, selalu ada saja hama yang hinggap dipohon tersebut. Jenis hama yang sering merusak tanaman mangga ini sangat bervariasi. Jika tidak segera dibasmi atau setidaknya kita mencegahnya agar hama dan penyakit tidak datang mengganggu. Banyak petani mangga yang mengeluhkan buah mangga yang merekan panen busuk. Apakah penyebab buah mangga busuk ini karena hama tersebut?

Baca juga : Buah Mangga Busuk? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nah kalau hama yang suka mengganggu tanaman mangga miliki saya antara lain sebagai berikut.


Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga


1. Walang sangit

Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga
Hama walang sangit pada tanaman mangga

Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga


Jenis hama yang sering kali hinggap pada tanaman mangga yang saya budidayakan didalam pot adalah walang sangit. Apakah anda tahu dengan hama walang sangit ini? Kalau walang sangit pada umumnya adalah bentuknya kecil, sedangkan walang sangit yang suka hinggap pada daun mangga saya ini ukurannya cukup besar. Dampaknya pada daun mangga terutama pada daun mangga muda yang mulai tumbuh adalah daun akan gosong dan kering hingga rontok. Entah kenapa hama ini suka sekali pada tunas daun mangga sehingga jika tidak segera disemprot pembasmi hama akan merugikan.


2. Hama kutu kebul

Hama Kebul Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga
Hama kutu kebul yang menyebabkan daun mangga rusak


Hama yang selanjutnya merusak daun mangga saya adalah kutu kebul. Jenis hama ini adalah hama yang sangat kuat dan selalu ada pada tanaman mangga, pepaya, dan jenis tanaman lainnya. Hama kutu kebul ini bersarang dibalik daun tanaman, ciri-cirinya berwarna putih seperti serbuk kapur yang menempel pada daun tanaman. Jika dibiarkan lama akan merugikan sekali.


3. Lebah/tawon

Hama yang suka mengganggu tanaman mangga saya selanjutnya adalah lebah atau tawon, namun lebah disini sangat kecil dan sukanya menghisap cairan pada saat tanaman berbunga. Seringkali bunga maupun pentil buah mangga yang sudah mulai tumbuh tidak sampai menjadi buah atau rontok. Banyak faktor penyebab pentil buah mangga ini rontok.

Silahkan baca : Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok

Itulah Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga yang sudah saya budidayakan didalam pot. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Hama Yang Menyebabkan Rusak Pada Daun Mangga"

Post a Comment