Inilah Penyebab Kenapa Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar

Dasar Pertanian - Memiliki pohon jambu air yang berkualitas adalah hal yang sangat menyenangkan sekali, terlebih lagi jambu yang kita tanam adalah jambu madu. Pada saat tiba waktu panen dan buah jambu sudah bisa dipetik itu sungguh saat-saat yang menggembirakan sekali. Karena buah jambu madu memiliki rasa yang manis semanis madu, sehingga banyak orang yang menanamnya, baik untuk di konsumse sendiri maupun untuk dijual. Karena memang harga buah jambu madu terbilang cukup mahal bila di banding jambua air lainnya. Namun yang menjadi permasalahan dalam budidaya jambu madu adalah buah jambu madu tidak manis atau rasanya hambar. Lalu apa penyebab buah jambu madu tidak manis?

Adapun yang menyebabkan kenapa jambu madu tidak manis dan rasanya sangat hambar itu tergantung pada kondisi cuaca. Namun tidak hanya itu saja penyebab jambu madu hambar rasanya, masih ada kemungkinan penyebab lain sehingga buah jambu madu yang seharusnya manis menjadi tidak manis. Jika demikian sangat rugi sekali kita menanam jambu madu namun hasil buahnya tidak seperti yang diharapkan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kenapa buah jamba madu yang anda tanam tidak manis dan rasanya sangat hambar.

Penyebab Kenapa Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar


Penyebab Kenapa Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar


Faktor yang menyebabkan kenapa buah jambu madu tidak manis yang paling umum adalah karena kurangnya intensitas sinar matahari, artinya pada saat itu mungkin sedang musim penghujan. Pada musim hujan sangat mempengaruhi rasa pada buah jambu, hal ini terjadi karena kandungan air yang berlebih dan sinar matahari kurang.

Selain itu jika anda menanam kambu madu menggunakan pot (tabulampot ) kemungkinan pot yang anda gunakan terlalu kecil sehingga akar tidak dapat tumbuh dengan leluasa karena sempit, jadi membuat pasokan unsur hara terbatas.

Baca juga : Panduan Sukses Budidaya Jambu Madu

Ada penyebab lain kenapa buah jambu madu tidak semanis madu yaitu karena kelebihan nutrisi/pupuk. Jika tanaman jambu madu terlalu banyak pupuk, itu bukannya menjadi manis. Karena pupuk tertentu yang diberikan secara berlebihan hanya akan membuat daun bertambah subur, jadi jika anda mau memupuk buah jambu gunakan pupuk khusus buah dan dosisnya jangan berlebihan.

Penyebab buah jambu madu tidak manis yang terakhir adalah mungkin anda salah pilih bibit, artinya bibit yang anda tanam bukan murni jambu madu, bisa jadi sudah disilang. Makanya sampai sekarang buah jambu yang anda tanam tidak manis layaknya jambu madu yang lain.

Itulah beberapa Penyebab Kenapa Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar yang dapat admin sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua.

0 Response to "Inilah Penyebab Kenapa Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar"

Post a Comment