Cara Ampuh Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Kacang Panjang

Dasar Pertanian - Hama pada tanaman adalah faktor yang menyebabkan gagalnya sebuah budidaya tanaman, baik tanaman buah maupun tanaman sayur. Seperti pada tanaman sayur jenis kacang panjang, juga seringkali terserang hama penyakit. Jenis hama yang sering menyerang tanaman kacang panjang diantaranya adalah ulat penggerek. Hama ulat pada kacang panjang ini sangat merugikan sekali, sebaiknya segera dilakukan penanganan secepatnya, jika perlu lakukan pencegahan sebelum hama ulat menyerang tanaman kacang panjang. Cara paling ampuh membasmi hama ulat pada tanaman kacang panjang akan admin bagikan pada postingan ini, jadi terus baca sampai selesai ya..

Tanaman kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman sayur yang banyak dibudidayakan petani karena mudah dalam penanamannya. Namun meskipun mudah dalam menanam, ada kesulitan dalam perawatan terutama masalah hama dan penyakit. Untuk membudidayakan tanaman kacang panjang, bagi anda yang belum pernah menanamnya maka bisa mempelajarinya pada artikel sebelumnya yang ada pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar

Seperti yang admin bahas diawal paragraf tadi dan juga menjadi topik pembahasan kali ini adalah bahwa hama yang menjadi faktor penyebab gagalnya budidaya kacang panjang salah satunya yaitu ulat. Berikut ini merupakan beberapa tips mengendalikan hama ulat pada tanaman kacang panjang yang sudah terbukti berhasil.

Cara Ampuh Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Kacang Panjang


Cara Ampuh Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Kacang Panjang


1. Menggunakan Insektisida

Cara mengendalikan hama ulat pada kacang panjang adalah dengan menggunakan insektisida. Jenis insektisida yang paling bagus untuk mengendalikan hama ulat adalah Insektisida MATADOR 25 EC. Ada juga jenis insektisida lain yang juga bagus untuk membasmi hama ulat pada tanaman kacang panjang seperti Proclaim 5 SG, dan masih banyak jenis insektisida lainnya yang bisa anda gunakan.


2. Mengatur jarak tanam

Cara mencegah agar hama ulat tidak menyerang tanaman kacang panjang bisa dengan mengatur jarak tanam. Jangan menanam terlalu rapat dan juga terlalu lebar. Gunakan jarak tanam yang ideal untuk budidaya tanaman kancang panjang.


3. Menjaga kebersihan lokasi

Cara mencegah hama ulat pada tanaman kacang panjang juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lokasi disekitar tanaman. Karena jika lokasi bersih maka hama dan penyakit juga tidak mau datang mengganngu karena merasa tidak nyaman, berbeda jika lokasi kotor, bersemak dan banyak gulma, maka akan men=mbuat hama suka dan tinggal disitu.

Itulah beberapa Cara Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Kacang Panjang, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Ampuh Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Kacang Panjang"

Post a Comment