Cara Memilih Bibit Jambu Kristal Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Budidaya jambu kristal kini menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati buah jambu kristal sendiri. Karena dengan menanam sendiri kita bisa puas menikmati buah jambu biji yang tidak berbiji ini. Pada umumnya jambu biji adalah tanaman buah jambu yang memiliki biji kecil dan keras. Kalau orang jawa menyebutnya Jambu Klutuk. Jambu biji ini biasanya tumbuh sendiri dimana saja tergantung dimana biji dibuang. Terkadang terbawa oleh kotoran burung, karena burungnya suka makan buah jambu biji jadi kotoran yang jatuh dimana saja akan tumbuh jambu biji. Kalau jambu kristal adalah varietas buah jambu biji namun tidak memiliki biji.

Cara menanam jambu kristal ini cukup mudah sekali, apalagi jika kita melakukan budidaya jambu kristal dalam pot atau biasa disebut tabulampot. Jika anda ingin membudidayakan jambu kristal dengan menggunakan media pot, ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya yang ada pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Cara Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot

Setelah anda membaca artikel tentang cara menanam jambu kristal didalam pot, maka ada salah satu tehnik yang sangat penting untuk dipahami yakni pemilihan bibit jambu kristal. Berikut ini beberapa tips memilih bibit jambu kristal yang baik dan benar.

Cara Memilih Bibit Jambu Kristal Yang Baik dan Benar


Cara Memilih Bibit Jambu Kristal Yang Baik dan Benar


1. Bibit berasal dari cangkok atau stek

Tehnik memilih bibit jambu kristal yang baik dan benar adalah dengan mencari bibit jambu hasil cangkok. Kita bisa langsung mencangkok batang pohon jambu kristal unggul yang nanti akan dijadikan sebagai bibit. Keunggulan tanaman hasil cangkok ini memang tidak perlu diragukan lagi.


2. Pilihlah bibit yang sehat dan terhindar dari penyakit

Cara memilih bibit jambu kristal yang selanjutnya adalah dengan memilih bibit yang sehat dan usahakan terhindar dari penyakit. Bibit yang sehat akan terlihat dari bentuk fisiknya, mulai dari daun hingga batangnya.


3. Bibit berasal dari pohon induk yang unggul

Cara memilih bibit jambu krista selannjutnya adalah kita harus yakin dan tahu bahwa bibit tersebut berasal dari pohon jambu unggulan.

Itulah beberapa Cara Memilih Bibit Jambu Kristal Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Memilih Bibit Jambu Kristal Yang Baik dan Benar"

Post a Comment