Penyebab Daun Jambu Air Menguning dan Cara Mengatasinya

Dasar Pertanian - Daun pada tanaman yang berubah menjadi kuning menandakan tanaman tersebut sedang mengali masalah. Penyebab daun tanaman jambu air menjadi kuning bisa bermacam-macam. Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan mencoba mengulas tentang apa saja penyebab daun jambu air menguning dan bagaimana cara mengatasi daun jambu air yang berubah menguning. Sebelum kita masuk pada pembahasan kali ini, perlu sedikit admin sampaikan beberapa tips tentang bagaimana budidaya jambu air atau jambu madu. Untuk mengetahui panduan dalam budidaya jambu madu bisa anda baca pada artikel yang ada pada link berikut ini.

Silahkan baca disini : Panduan Sukses Budidaya Jambu Madu

Daun jambu yang kuning akan mempengaruhi produktivitas buah jambu tersebut. Bisa kita perhatikan tanaman jambu air ataupun tanaman buah lainnya yang kondisi daunnya kuning pasti sulit berbuah. Meskipun berbuah pasti tidak optimal, buah sedikit, buah kerdil, dan lain sebagainya. Namun jika daun pada tanaman tersebut hijau dan subur, maka jelas produktivitas buah menjadi baik dan bagus. Lalu apa sebenarnya penyebab kenapa daun jambu air bisa berubah kuning. Bahkan tidak hanya kuning saja, kondisi daun tanaman juga terlihat layu. Berikut penjelasan singkatnya.

Penyebab Daun Jambu Air Menguning dan Cara Mengatasinya
Daun Jambu Air Terlihat Menguning ( Foto Original dasar-pertanian by Wahyu HW )


Penyebab Daun Jambu Air Menguning


1. Tidak pernah diberi pupuk

Faktor penyebab daun jambu air berubah menguning adalah karena tanaman tersebut tidak pernah diberi pupuk. Jadi jika selama ini anda melihat daun jambu air tidak hijau atau warnanya kuning pekat, maka penyebabnya jelas karena tidak pernah dipupuk. Berbeda jika tanaman jambu sering dipupuk, warna daun akan lebih hijau dan segar.


2. Jarang diberi pupuk

Jika pada point pertama tadi tanaman tidak pernah sama sekali diberi pupuk, kalau yang ini kondisi tanaman pernah dipupuk namun jarang. Mungkin dalam satu tahun hanya sekali pemupukan atau lebih dari itu. Sebaiknya jika anda membudidayakan tanaman buah, rajinlah memberi pupuk pada tanaman.


3. Serangan hama penyakit

Penyebab daun jambu air kuning juga bisa karena adanya serangan hama dan juga penyakit. Penyakit pada tanaman adalah faktor utama yang dapat merusak jaringan pada tanaman, bisa jadi karena tanaman jambu anda terjangkit penyakit kuning maka daunnya juga berubah kuning. Untuk itu seaiknya anda selalu waspada dan cermat dalam melakukan perawatan pada tanaman jambu air.


Cara Mengatasi Daun Jambu Air Yang Berubah Kuning


Adapun cara mengatasi daun jambu air yang sudah berubah menguning, diperlukan penanganan sebagai berikut :

1. Suplai dengan pupuk berkualitas
2. Seringlah memupuk tanaman, minimal 2 bulan sekali
3. Mencegah dan membasmi hama penyakit tanaman

Itulah beberapa Penyebab Daun Jambu Air Menguning dan Cara Mengatasinya, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Daun Jambu Air Menguning dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment