Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran

Dasar Pertanian - Tehnik budidaya lada atau merica sesuai dengan anjuran yang baik dan benar memang penting untuk mendapatkan hasil maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa ancaman paling berbahaya dalam budidaya lada atau merica adalah serangan hama dan juga penyakit. Jika kita sudah memutuskan untuk menanam dan membudidayakan tanaman lada atau merica, maka kita harus mau melakukan perawatan ekstra sehingga tanaman tidak diserang oleh hama penyakit. Salah satu pengendalian serangan hama penyakit dengan cara hayati adalah dengan menanam lada dengan anjuran yang tepat.

Lalu bagaimana tehnik budidaya lada yang sesuai anjuran para master pertanian terutama petani lada? Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membagikan kepada anda bagaimana cara budidaya lada yang tepat agar terhindar dari serangan hama penyakit.

Baca juga : Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Lada

Jadi dalam mebudidayakan lada atau merica ini kita harus tahu bagaimana seluk beluk dari tanaman ini, setidaknya kita tahu morfologi dari tanaman lada. Dengan demikian sudah bisa kita membudidayakan lada sesuai dengan anjuran.

Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran


Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran


Budidaya lada yang sesuai anjuran disini maksudnya adalah menanam lada yang sehat. Penanaman lada yang sehat tentu saja dimulai dari pemilihan bibit lada yang sehat. Jika dari pemilihan bibit saja sudah tidak tepat atau asal-asalan, maka hasil panen lada juga bisa asal-asalan juga. Tapi sebaliknya jika dalam hal pemilihan bibit lada kita benar-benar seleksi, maka dapat dijamin keberhasilannya.

Walaupun belum ada varietas bibit lada yang tahan dengan serangan hama penyakit, namun kita bisa mencari alternatif untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama penyakit pada tanaman lada tersebut. Makanya dalam pemilihan bibit lada harus benar-benar diperhatikan, jika kita lihat ada bibit lada yang kerdil maka segera di musnahkan, karena sudah pasti bibit kerdil tersebut terserang hama penyakit.

Selain itu tehnik budidaya lada yang benar adalah dengan memperhatikan lokasi atau tempat budidaya tanaman lada ini. Perlu anda ketahui bahwa tanaman ini hanya membutuhkan pencahayaan sekitar 50-70% saja, tidak lebih dari itu. Maka tugas kita adalah bagaimana mengatur pencahayaan yang baik untuk tanaman lada ini.

Untuk melakukan perawatan, ada saatnya kita harus memangkas sulur cacing dan sulur gantung pada tanaman lada ini. Tujuan dari pemangkasan adalah untuk mencegah infeksi. Selain itu juga pengaturan drainase pada sekitar tanaman harus benar, kalau bisa buatlah parit-parti disekitar tanaman agar mencegah atau menghindari tergenangnya tanaman dengan air.

Dengan melakukan tehnik penanam yang sesuai anjuran, maka dapat dijamin hama dan penyakit pada tanaman lada tidak akan ada. Semoga bermanfataat.

0 Response to "Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran"

Post a Comment