Apakah Daun Cabai Menjadi Kuning Karena Faktor Penyakit?

Dasar Pertanian - Daun yang berubah menjadi kuning pada tanaman bisa menjadi faktor penyebab tanaman tidak bisa produktif. Sama halnya dengan tanaman cabai, ada kalanya daun cabai mengalami perubahan warna yaitu kuning. Warna kuning pada daun cabai bisa jadi menandakan bahwa tanaman cabai tersebut terserang penyakit. Biasanya jika daun cabai berubah menguning, maka tanaman cabai sudah tidak bisa lagi produktif. Bahkan jika tanaman cabai belum berbuah dan daun sudah menguning maka buah cabai tidaka akan bagus. Jadi sering kali kita mendengar pertanyaan seperti ini, apakah daun cabai menjadi kuning itu karena faktor penyakit? Banyak orang terutama petani cabai yang tidak tahu apa faktor penyebab daun cabai menguning. Sehingga budidaya cabai yang mereka lakukan menjadi sia-sia dan gagal.

Apakah Daun Cabai Menjadi Kuning Karena Faktor Penyakit?


Sebenarnya daun kuning pada tanaman cabai ini bukan berarti cabai tersebut terserang penyakit. Ada kalanya tanaman cabai kurang pasokan air atau kurang penyiraman, sehingga daun cabai menjadi kuning. Bisa juga karena kandungan unsur hara pada tanah yang kurang, sehingga hormon pembentuk hijau daun menjadi kurang. Jadi tidak mesti daun kuning pada tanaman cabai karena faktor penyakit.

Untuk menghindari hal tersebut sebenarnya kita bisa melakukan beberapa langkah pencegahan agar daun cabai tidak mengalami penguningan. Adapun langkah-langkah untuk mencegah agar daun cabai tidak berubah kuning, dasar-pertanian sudah merangkumnya dalam sebuah artikel yang bisa anda baca pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning

Jika kita mau melakukan perawatan tanaman cabai dengan baik, yakni menyiram dengan teratur, memberi pupuk sesuai dengan jadwal pemupukan cabai, serta mencegah dan menanggulangi hama penyakit pada tanaman cabai, niscaya budidaya cabai yang kita lakukan akan berhasil. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan pencerahan dan wawasan kepada anda semua. Semoga bermanfaat

0 Response to "Apakah Daun Cabai Menjadi Kuning Karena Faktor Penyakit?"

Post a Comment