Cara Budidaya Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses

Dasar Pertanian - Cara menanam terong yang baik dan benar memerlukan kerja keras dan ketekunan, sehingga dengan kerja keras yang sudah kita lakukan, budidaya terong yang sudah kita lakukan tidak sia-sia. Terong adalah tanaman sayur yang berbentuk buah yang memiliki banyak manfaat. Biasanya terong digunakan untuk sayur atau lalapan oleh masyarakat. Menanam terong sendiri memang memiliki manfaat tersendiri, disamping kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayuran ini, kita juga bisa meraup keuntungan dari budidaya terong yang sudah kita lakukan. Namun hal itu jika kita berhasil dalam membudidayakannya.

Akhir-akhir ini saya sering menjumpai petani yang menanam terong, baik dikebun pekarangan rumah maupun dilahan terbuka. Rata-rata mereka menanam terong dengan harapan bisa panen dan dijual dipasar. Dengan demikian hasil panen terong tersebut akan membawa keuntungan bagi mereka. Mungkin anda salah satu orang yang juga ingin membudidayakan sayuran ini, jika iya maka anda tepat berada di blog ini, karena disini dasar-pertanian akan berusaha membagikan informasi terkait dunia pertanian, selain itu sumber informasi disini sebagian besar adalah hasil praktek sendiri atau berdasarkan pengalaman kami selama ini.

Dalam topik ini akan dibahas bagaimana cara menanam terong dilahan terbuka agar bisa sukses. Jika selama ini anda bertanya bagaimana cara menanam terong yang baik dan benar, maka artikel disini mungkin bisa anda jadikan referensi. Ini merupakan pengalaman admin dalam membudidayakan terong dilahan terbuka. Kita ketahui bahwa terong memiliki banyak varietas, meskipun demikian cara menanam terong tetap saja sama. Mari simak penjelasan lengkapnya tentang Cara Budidaya Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses.

Cara Budidaya Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses
Budidaya terong dilahan terbuka ( Gambar Original dasar-pertanian )

Cara Menanam Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses


Untuk mendapatkan kesuksesan didalam budidaya terong, yang dibutuhkan disini adalah ketekunan. Dengan tekun maka anda akan bisa sukses melakukan budidaya terong atau budidaya tanaman lainnya.

1. Pilih bibit yang berkualitas

Supaya berhasil dalam budidaya terong, tentu kita harus memiliki bibit terong terlebih dahulu, dan bibit tersebut harus berkualitas. Kualitas bibit terong ini sangat menentukan hasil panen. Jika bibit yang ditanam kurang berkualitas, maka hasil panen juga kurang memuaskan, begitu pula sebaliknya jika bibit yang kita tanam berkualitas maka hasil panen juga akan baik. Bagaimana cara memili bibit terong yang berkualitas?
Silahkan baca : Tips Memilih Bibit Terong Yang Baik dan Benar Sebelum Tanam

2. Buat Bedengan

Bedengan adalah salah satu tips terbaik untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Bedengan atau membuat gundukan tanah ini supaya ada parit disekeliling tanaman, dan jika musim hujan air tidak menggenangi tanaman. Selain itu membuat bedengan juga dapat embuat tanah menjadi gemburdan subur.

3. Atur jarak tanam

Setelah anda membuat bedengan yang cukup, maka untuk menanam terong diperlukan jarak tanam yang optimal. Aturlah jarak tanam yang sesuai, tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Biasanya kami menanam terong dengan jarak lebih kurang 5-60 cm satu sama lain. Dengan mengatur jarak tanam, maka pertumbuhan tanaman akan menjadi cepat dan lancar.

4. Perawatan

Kunci sukses dalam budidaya tanaman adalah perawatan, sama halnya dengan tanaman terong ini juga membutuhkan perawatan. Perawatan ini mencakup pemupukan, penyiraman, serta penanggulangan gulma, hama dan penyakit. Jika perawatan ini dilakukan dengan baik, maka besar kemungkinan budidaya terong yang kita lakukan akan berhasil.

Itulah beberapa Tips Budidaya Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Budidaya Terong Dilahan Terbuka Agar Sukses"

Post a Comment