Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning

Dasar Pertanian - Daun cabai yang menguning bisa menandakan bahwa tanaman cabai mengalami masalah, bisa jadi terserang virus atau penyakit. Ketika daun cabai sudah mulai menguning sebaiknya segera dilakukan penanganan agar tidak menimbulkan dampak buruk pada tanaman cabai. Biasanya faktor penyebab daun cabai menguning ini dikarenakan oleh penyakit atau virus yang menyerang, atau bisa juga karena tanaman cabai kurang mendapat pasokan air atau tidak pernah disiram. Cara mencegah agar daun cabai tidak menguning bisa dilakukan beberapa tahap. Dibawah ini dasar-pertanian akan bagikan beberapa tips mencegah agar daun cabai yang anda budidayakan tidak mengalami kuning daun.

Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning


Sebelum kita masuk pada inti artikel ini sebelumnya akan admin jelaskan sedikit apa itu virus kuning pada tanaman cabai. Daun kuning pada tanaman cabai biasanya disebabkan karena penyakit yang bernama bulai. Atau bisa sering dikenal dengan gemini virus yang merupakan virus kuning yang suka menyerang tanaman cabai. Virus kuning tersebut akan masuk melalui kromoson atau DNA yang ditularkan oleh kutu kebul sehingga menyebabkan jaringan pada tanaman rusak. Jadi pada intinya virus kuning tersebut akan menghentikan kinerja Gen kromosom atau klorofil yang membentuk hijau daun yang berupa asam amino, sehingga tanaman cabai tersebut akan dikuasai oleh Gen virus kuning.

Jadi sebaiknya untuk menghindari kerusakan tanaman cabai, segera kita lakukan pencegahan sebelum virus kuning menyerang tanaman cabai. Cara mencegah agar daun cabai tidak kuning adalah sebagai berikut :

Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning


1. Menyemai bibit cabai dalam polybag

Untuk menghindari agar nanti daun cabai tidak kuning, maka dalam hal penyemaian sebaik anda lakukan didalam polybag. 

2. Memberi pupuk organik

Selain itu pemberian pupuk organik juga akan menghindarkan daun cabai dari kuning, hal ini karena kandungan hara dan nutrisi pada pupuk organik mampu membuat daun tanaman menjadi hijau dan sehat.

3. Buat kelambu pada tanaman cabai

Untuk mencegah agar kutu kebul tidak menyerang tanaman cabai, sebaiknya anda buat kelambu sehingga dengan adanya kelambu akan membuat tanaman cabai tidak diserang kutu kebul.

4. Lakukan penyiraman secara rutin

Untuk mencegah agar daun cabai tidak menguning bisa anda terapkan rutin siram. Apalagi jika kondisi cuaca atau musim kemarau.

5. Mengatur jarak tanam

Jarak tanam yang ideal akan membuat tanaman dapat berkembang dengan baik, terutama pada tanaman cabai. Jika jarak tanam diatur sebaik mungkin atau agak di perlebar, maka tajuk tanaman tidak akan bertumpukan sehingga hama seperti kutu kebul tidak akan datang pada lokasi tanaman. Berbeda jika tanaman cabai terlalu rapat, maka hal ini akan membuat kutu kebul suka untuk hinggap dan bersarang ditanaman cabai.

5. Menyemprot tanaman dengan pembasmi hama dan penyakit

Ada banyak obat pembasmi hama dan penyakit pada tanaman cabai yang bisa kita gunakan. Penyemprotan ini bertujuan untuk menhindari tanaman cabai dari kerusakan seperti kuning daun, keriting daun, dan lain-lain.

Mungkin itulah beberapa Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Tips Mencegah Daun Cabai Agar Tidak Menguning"

Post a Comment