Tips Menanam Cabai Dalam Polybag Agar Bisa Sukses

Dasar Pertanian - Menanam cabai dalam polybag merupakan cara sederhana yang bisa kita lakukan dan ini merupakan salah satu tips budidaya cabai. Meskipun ditanam didalam polybag, namun jangan anda beranggapan kalau cara ini tidak bisa menghasilkan cabai yang melimpah. Justru dengan menanam cabai dalam polybag akan memudahkan kita untuk melakukan perawatan, hingga hasil panen akan memuaskan. Tapi semua itu akan berhasil jika kita tahu bagaimana tips dan trik nya. Apakah sesederhana itu saja? Tidak, meskipun kita bisa menanam cabai dalam polybag dan caranya cukup mudah, tetap membutuhkan kerja keras dan perawatan ekstra.

Budidaya cabai sekarang banyak dilakukan oleh petani, dan justru akhir-akhir ini banyak juga masyarakat yang juga mencoba menanam sendiri cabai, baik menanam dipekarangan rumah, atau dikebun yang mereka miliki. Kenapa sekarang banyak orang yang suka dan hobi menanam cabai? Mungkin jawabannya adalah karena dengan menanam cabai sendiri mereka tidak akan repot-repot membeli cabai yang sekarang mahal harganya, selain itu dengan menanam cabai juga bisa meningkatkan pendapatan mereka, apalagi harga cabai sekarang yang terbilang mahal.

Rata-rata masyarakat lebih suka menanam cabai didalam polybag, hal ini karena cara ini lebih simpel dan mudah untuk dilakukan. Disamping itu keuntungan budidaya cabai dalam polybag akan membuat tanaman cabai lebih mudah untuk diatur dan diletakkan dimana saja bisa. Keuntungan lainnya adalah meskipun kita tidak memiliki pekarangan yang luas dan tanah yang subur, kita tetap bisa menanam cabai yakni dengan media polybag. Misalnya lahan pekarangan anda keras dan kurang subur jika untuk budidaya tanaman, maka anda bisa cari tanah yang subur dan anda masukkan dalam polybag, kemudian anda bisa dengan mudah menanam cabai atau tanaman lainnya.

Lantas bagaimana cara menanam cabai dalam polybag agar bisa sukses? Mungkin inilah pertanyaan anda selama ini anda tanyakan, dan pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba berbagi pengalaman tentang Tips Menanam Cabai Dalam Polybag Agar Bisa Sukses. Mari simak berikut ini penjelasannya.

Tips Menanam Cabai Dalam Polybag Agar Bisa Sukses
Tanaman cabai terlihat subur dalam polybag ( Image by : Wahyu Hendro Wibowo )


Tips Menanam Cabai Dalam Polybag Agar Bisa Sukses


1. Menentukan bibit/benih cabai

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memilih dan menentukan bibit cabai. Usahakan anda tanam bibit yang unggul agar hasilnya memuaskan. Silahkan anda pilih dan tentukan sendiri bibit cabai yang akan ditanam dalam polybag, bisa anda beli ditoko pertanian, atau anda juga bisa memilih atau menyemaikan sendiri bibit yang berasal dari indukan unggul. Atau jika anda ragu bagaimana cara menentukan bibit cabai yang berkualitas bisa anda baca pada artikel dibawah ini.
Silahkan baca : Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul dan Berkualitas

2. Menentukan ukuran polybag dan kualitasnya

Sebelum anda menanam cabai calam polybag, terlebih dahulu anda juga harus memilih dan menentukan jenis polybag dan ukurannya. Selain itu kualitas polybag juga harus anda prioritaskan. Untuk cabai yang tidak berukuran tinggi dan besar mungkin bisa anda pilih polybag yang menengah, kira-kira berdiameter 15 cm. 

3. Isi polybag dengan tanah dan pupuk

Setelah anda siapkan polybag, langkah selanjutnya adalah mengisi polybag dengan tanah yang subur dan memiliki unsur hara baik. Selain itu anda bisa mencampurkan dengan pupuk kandang yang sudah jadi agar tanah semakin subur. Saya sendiri lebih suka menggunakan tanah yang dicampur pupuk kandang. Hasilnya sungguh luar biasa, tanaman cabai menjadi subur dan daunnya bisa hijau dan lebar.

4. Letakkan polybag pada suhu optimal

Untuk meletakkan polybag yang sudah kita tanami cabai sebaiknya pada lokasi yang tidak terlalu gersang. Maksudnya disekeliling nya ada tumbuhan yang bisa mengayomi agar tanaman tidak terkena terik matahari secara penuh. Selain itu suhu udara juga usahakan dingin, jika anda memiliki peliharaan ternak seperti sapi atau kambing, maka boleh anda letakkan dekat dengan kandang sapi atau kambing.

5. Lakukan perawatan dengan baik

Tidak ada kesuksesan budidaya tanaman tanpa ada perawatan yang baik. Merawat cabai bisa kita lakukan dengan rajin menyiram, menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabai, memberi pupuk, dan lain sebagainya.

Mungkin itulah beberapa Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul dan Berkualitas, mudah-mudahan informasi singkat ini bisa menambah wawasan dan pengalaman anda tentang budidaya cabai dalam polybag. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Menanam Cabai Dalam Polybag Agar Bisa Sukses"

Post a Comment