Tips Menyemai Biji Terong Agar Cepat Tumbuh

Dasar Pertanian - Menyemai biji terong adalah usaha untuk mendapatkan bibit terong dengan cara menaburkannya pada lahan yang sudah disiapkan. Tata cara menyemai biji terong ini sangat simpel dan semua orang dapat melakukannya. Namun untuk mendapatkan bibit terong dari penyemaian biji terong dengan baik dan berkualitas, diperlukan sedikit pemhaman dan beberapa tips sederhana. Ada kalanya kita menyemai biji terong dengan banar, namun yang tumbuh hanya sedikit. Selain itu biji terong yang sudah kita semai lama tumbuhnya. Lantas bagaimana supaya biji terong yang kita semai dapat tumbuh dengan cepat dan subur? Berikut ini dasar-pertanian akan membagikan sedikit pengalaman tentang bagaimana cara menyemai biji terong agar cepat tumbuh.

Tips Menyemai Biji Terong Agar Cepat Tumbuh

Tips Menyemai Biji Terong Agar Cepat Tumbuh


1. Sebelum biji terong anda semai, terlebih dahulu anda pilih mana biji terong yang baik dan berkualitas. Caranya anda bisa beli bibit terong ditoko pertanian yang bagus dan berkualitas. Karena biasanya bibit terong yang sudah diproduksi dan dijual telah melalui beberapa tes, baru dipasarkan.

2. Jika biji terong sudah anda siapkan, selanjutnya anda pilih tempat untuk menyemai biji terong tersebut. Kalau saya biasanya menggunakan pot atau polybag, kemudian saya bari pupuk kandang yang sudah jadi dan kering. Setelah itu kita taburkan biji terong diatasnya. Kemudian letakkan ditempat teduh dan jauh dari hewan ternak.

3. Jika anda memilih tempat persemaian dilahan terbuka, maka buatlah bedengan atau gundukan yang digemburkan, lalu beri pupuk dasar yang bagus, kalau saya lebih suka menggunakan kotoran ternak, karena lebih murah dan memiliki unsur hara yang baik. Jangan lupa setelah disemaikan anda harus tutup dengan rumput kering atau jerami padi juga bisa supaya terhindar dari terik matahari secara langsung. Dengan menutup bagian atas bedengan ini akan mempercepat biji terong untuk tumbuh.

4. Rajin menyiram bibit yang disemaikan. Jadi supaya biji terong yang sudah kita semai cepat tumbuh dan berkembang, maka anda harus rajin menyiramnya.

Kunci dari cepat atau tidaknya bibit terong ini tumbuh adalah terletak pada jenis bibit dan pupuk dasar yang kita gunakan. Mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

1 Response to "Tips Menyemai Biji Terong Agar Cepat Tumbuh"