Beberapa Jenis Pestisida Yang Biasa Digunakan Pada Tanaman Cabai

Dasar Pertanian - Pestisida merupakan bahan senyawa yang dipergunakan untuk membasmi, menolak, atau mengendalikan organisme pengganggu tanaman. Pestisida ini biasanya digunakan oleh para petani untuk membunuh dan memberantas hama dan penyakit yang selalu menjadi pengganggu tanaman yang mereka budidayakan. Sebagai contohnya adalah tanaman cabai, yang mana cabai adalah salah satu tanaman yang sangat rentan terserang hama, terutama pada kodisi cuaca ekstrim. untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabai, kita harus mengetahui apa jenis pestisida yang sesuai dengan keadaan yang terjadi pada tanaman cabai. Karena setiap hama memiliki tingkat perbedaan masing-masing. Bisa jadi satu hama dengan yang lain berbeda dalam pengendaliannya.
Baca juga : Cara Ampuh Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabai

Untuk mengenal jenis-jenis pestisida yang biasa digunakan para petani bisa anda simak penjelasannya berikut ini. Informasi ini juga berdasarkan pengalaman kami dalam menggunakan beberapa jenis pestisida untuk tanaman cabai. Berikut penjelasannya.

Beberapa Jenis Pestisida Yang Biasa Digunakan Pada Tanaman Cabai
Beberapa Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabai

Jenis-Jenis Pestisida Yang Biasa Digunakan Pada Tanaman Cabai


1. Fungisida

Fungisida adalah pestisida yang biasa digunakan untuk membasmi penyakit yang menyerang tanaman cabai. Penyakit yang umum disebabkan oleh jamur atau cendawan ini dapat diatasi dengan pestisida jenis ini. Jadi jika tanaman anda terserang penyakit ini maka dapat anda atasi dengan fungisida. Adapun contoh tanaman cabai yang terkena serangan jamur atau cendawan ini seperti terjadinya busuk buah, daun, antraknosa, patek, dan lain-lain.

2. Akarisida

Jenis pestisida selanjutnya yang sering digunakan untuk tanaman cabai yaitu Akarisida. Akarisida adalah jenis pestisida khusus untuk mengendalikan hama jenis kutu, seperti kutu buah, kutu daun, tungau, kutu kebul, dan lain-lain.

3. Insektisida

Jenis insektisida ini adalah pestisida yang berfungsi untuk membasmi dan mengendalikan hama jenis serangga yang menyerang tanaman cabai. Adapun jenis serangga yang sering menyerang tanaman cabai antara lain ulat grayak, lalat buah, jangkrik/gangsir, belalang, dan lain-lain.

4. Nematisida

Jenis pestisida untuk tanaman cabai selanjutnya adalah Nematisida, yaitu pestisida yang berguna untuk membasmi penyakit yang menyerang tanaman cabai dalam tanah yang biasanya menyerang bagian akar tanaman.

Sebenarnya masih banyak lagi Jenis-Jenis Pestisida Yang Biasa Digunakan Pada Tanaman Cabai, Namun keempat jenis pestisida diatas adalah yang paling banyak dan sering digunakan oleh petani cabai. Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anda semua.

0 Response to "Beberapa Jenis Pestisida Yang Biasa Digunakan Pada Tanaman Cabai"

Post a Comment