Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses

Dasar-pertanian :  Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses merupakan cara yang sudah saya lakukan dalam membudidayakan jagung dilahan pertanian. Budidaya jagung sebenarnya cukup mudah jika anda mengetahui bagaimana tips dan caranya. Bagi para petani jagung yang sudah berpengalaman, mungkin budidaya jagung sudah tidak asing lagi dan tidak menjadi masalah, namun bagi orang yang belum pernah membudidayakan jagung, tentu budidaya jagung akan menjadi suatu hal yang sulit. Hal ini dikarenakan minimnya pengalaman dalam bidang budidaya jagung tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa jagung adalah tanaman yang banyak memiliki manfaat baik bagi manusia maupun hewan. Manfaat jagung bagi manusia sudah sangat jelas sekali, bahkan jagung merupakan sumber tanaman pangan pokok kedua pengganti padi. Bahkan ditingkat Internasional, jagung menduduki peringkat ketiga sebagai makanan pokok utama setelah padi dan gandum. Sedangkan manfaat jagung untuk hewan peliharaan adalah dapat digunakan sebagai pakan ternak seperti ayam dan sejenisnya.

Dibawah ini merupakan foto tanaman jagung diladang kami yang sedang kami budidayakan :
Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses
Tanaman jagung sudah mulai berbuah ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses
Tanaman jagung mulai berbunga ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses
Tanaman jagung baru berumur 1 bulan ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Sebagaimana saya sebutkan diatas bahwa budidaya tanaman jagung cukup mudah dan tidak memerlukan syarat lahan khusus. Bahkan jagung dapat tumbuh dilahan yang kering, meskipun pertumbuhannya kurang optimal. Namun untuk mendapatkan hasil panen jagung yang maksimal, diperlukan tips dan cara dalam membudidayakannya. Nah dibawah ini akan saya bagikan Tips Budidaya Jagung Supaya Sukses.


1. Mempersiapkan benih atau bibit jagung
Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses yang pertama harus anda siapkan adalah benih atau bibit jagung. Untuk mendapatkan hasil panen jagung yang berkualitas, pilihlah benih jagung yang benar-benar unggul. Caranya bisa anda lakukan dengan metode ini : a) membeli ditoko pertanian, jika memilih membeli bibit jagung, belilah bibit jagung ditoko pertanian yang menyediakan bebih atau bibit jagung berkualitas, perhatikan sertifikat atau tanggal kadaluarsanya. b) memilih benih jagung langsung dari tanaman jagung, jika anda memilih bibit jagung dari tanamannya langsung, maka pilihlah bibit jagung yang benar-benar unggul, biasanya akan nampak dari bentuk tongkol dan buahnya besar, bijinya terisi penuh dan barisannya lurus-lurus, serta pohonnya juga besar dan subur.

2. Mempersiapkan lahan jagung
Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses yang kedua adalah anda harus persiapkan lahan untuk menanam jagung. Carilah lahan yang memiliki tanah yang gembur dan subur agar hasilnya dapat maksimal. Meskipun jagung dapat tumbuh pada lahan yang kering dan tandus, namun alangkah baiknya jika anda gunakan lahan yang subur. Setelah anda mendapatkan lahan yang subur, saatnya yang harus anda lakukan adalah :
  • Penggemburan tanahatau, bisa menggunakan cangkul atau bajak, dan sejenisnya. Yang jelas tujuannya adalah agar tekstur tanah menjadi gembur.
  • Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 30-40 cm agar mudah dalam menanamnya, juga agar membuat tanaman menjadi rapi dan tertata bagus. 
  • Beri pupuk dasar pada lahan yang akan ditanami jagung, gunakanlah pupuk organik seperti pupuk kandang. 
  • Jika ada tambahkan kapur pada lahan yang akan anda tanami jagung, yang bertujuan untuk mengatur PH pada tanah agar tingkat keasaman tanah dapat dinetralisir
3. Tahap menanam jagung
Setelah semua tahap diatas sudah anda lakukan, maka saatnya proses penanaman jagung. Adapun cara dan teknik menanam jagung cukup mudah, bisa anda ikuti carnya dibawah ini :
  • Buat lubang pada bedengan yang sudah anda buat tadi, dalam satu bedengan buatlah dua baris lubang dengan jarak kira-kira 30 cm. Untuk tingkat kedalaman lubang harus anda perhatikan, jangan terlalu dalam maupun dangkal, buat lubang kira-kira sedalam 3-5 cm saja.
  • Dalam satu lubang isikan dengan 1-2 benih jangung.
  • Timbun lagi setelah selesai ditanam dengan tanah yang dicampur pupuk kandang yang kering.
4. Tahap perawatan jagung
Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses yang selanjutnya adalah tahap perawatan. Untuk perawatan tanaman jagung harus anda lakukan secara maksimal, yaitu dengan cara :
  • Rajin menyiram, apalagi pada musim kemarau.
  • Berikan pupuk organik, seperti pupuk kandang.
  • Basmi hama, penyakit dan gulma pada tanaman jagung. 
Baca juga : Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung
 5 Tahap pemanenan jagung
Budidaya jagung yang sukses akan diakhiri dengan pemanenan. Adapun ciri-ciri jagung yang sudah bisa dipanen adalah sebagi berikut :
  • Tanaman jagung akan berwarna kekuningan, baik dari pohonnya, daun, serta batang dan tongkolnya.
  • Pada ujung tongkol jagung, serabut yang menyerupai rambut akan berubah warna menjadi agak kehitaman dan kering.
  • Bijinya akan terasa keras jika ditekan, warnanya sudah mengkilat serta bijinya terisi penuh pada tongkolnya.
  • Usia jagung biasanya siap panen adalah 86-96 hari setelah ditanam.
Itulah beberapa Tips Untuk Budidaya Jagung Biar Sukses yang dapat saya bagikan kepada anda semua, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tips Sederhana Budidaya Jagung Agar Sukses"

Post a Comment