Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar

Dasar Pertanian - Hama seringkali menjadi momok bagi para petani di seluruh dunia. Karena salah satu penyebab gagalnya sebuah budidaya tanaman adalah serangan hama. Cara membasmi hama pada tanaman sebetulnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada saatnya hama mudah untuk dibasmi, namun ada juga saatnya hama sulit sekali ditanggulangi. Jika hama sulit dibasmi dengan cara-cara biasa, maka diperlukan cara yang berbeda dalam membasmi hama tersebut.

Hama yang menyerang tanaman sudah pasti akan menimbulkan dampak buruk pada tanaman tersebut. Karena pada umumnya, hama yang hinggap dan bersarang pada tanaman pasti akan menyerap nutrisi yang ada dalam tanaman tersebut. Jika nutrisi tanaman sudah diserap oleh hama, otomatis tanaman menjadi kurang sehat, ujung-ujung tanaman bisa mati karena kehabisan nutrisi. Bahkan tidak hanya menyerap nutrisi pada tanaman saja, keberadaan hama ini juga sering menyuntikkan senyawa beracun sehingga dapat mematikan tanaman, bisa saja tanaman menjadi berpenyakit dan mati.

Ada beberap jenis hama yang sering menyerang tanaman dan dapat membahayakan tanaman, diantara nya adalah sebagai berikut :
  • Hama ulat
  • Hama kepik
  • Hama lalat buah
  • Hama kutu daun
  • Hama tungau
  • dan masih banyak lagi jenis hama yang berbahaya bagi tanaman

Untuk membasi hama diperlukan cara yang tepat dan singkat, sehingga tanaman bisa cepat diselamatkan dari ancaman hama tersebut. Berikut ini dasar-pertanian akan mencoba memberikan sedikit wawasan tentang Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar.

Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar
Contoh gambar hama yang sering merusak tanaman

 

Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar


Apabila tanaman yang anda budidayakan sudah terlanjur terserang hama, anda tidak perlu khawatir dan panik, karena hama ini masih bisa dihancurkan atau basmi dengan beberapa cara berikut ini. Dibawah ini merupakan beberapa cara membasmi hama yang paling tepat untuk anda coba dirumah:
  1. Dengan menggunakan insektisida, cara membasmi hama dengan insektisida ini adalah dengan menggunakan cairan khusus untuk membasmi hama. Ada banyak jenis insektisida yang dijual ditoko pertanian dan anda bisa mudah mendapatkannya.
  2. Dengan menggunakan semprotan cabe, cara ini bisa digunakan untuk membasmi hama sejenis kutu, baik kutu daun, kutu buah dan sejenisnya.
  3. Dengan menyemprotkan air bersih, dengan menyemprot air bersih pada tanaman yang diserang hama, maka hama akan segera menghindar dari tanaman anda. Namun untuk cara ini hanya khusus hama-hama yang mudah dibasmi.

Silahkan baca artikel lainnya :

Demikianlah beberapa Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar, mudah-mudahan informasi yang admin dasar-pertanian bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasana anda.

0 Response to "Cara Membasmi Hama Yang Paling Tepat dan Benar"

Post a Comment