Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Dasar Pertanian - Cara mengendalikan penyakit blas atau patah leher bisa dilakukan dengan beberapa tahap sederhana. Kuncinya adalah terdapat pada pencegahan dan penanaman padi. Kenapa saya katakan kunci penanggulangan patah leher padi adalah pencegahan dan penanaman? Hal ini sangat jelas sekali bahwa penyakit blas adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi oleh jamur Pyricularia  grisea. Cendawan tersebut jika sudah menyerang padi akan sulit diatasi. Jika tanaman padi sudah mengalami patah leher, maka jelas akan berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan padi. Jika patah leher terjadi ketika dalam masa pematangan isi atau bulir padi, maka bisa mengakibatkan gagalnya pembuahan. Sehingga tidak heran kita menjumpai bulir padi yang tidak terisi atau gabug.

Perlu anda ketahui bahwa Jamur P. grisea ini bisa menginfeksi seluruh fase pertumbuhan tanaman padi mulai dari persemaian padi hingga padi menjelang panen. Pada saat pebibitan dimulai, jamur ini dapat menginfeksi pertumbuhan vegetatif dan bagian yang diserang adalah daun padi. Gejala awalnya adalah berupa bercak berwarna kecoklatan atau biasa disebut blas daun. Sedangkan pada masa pertumbuhan generatif, maka gejala penyakit blas ini akan berkembang hingga mencapai tangkai/leher malai, atau biasa disebut dengan blas leher. Pada masa inilah akan terjadi patah leher karena batang atau tangkai padi membusuk.

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi


1. Sebisa mungkin melakukan pencegahan

Pencegahan penyakit blas atau patah leher adalah hal yang paling diutamakan. Karena dengan melakukan pencegahan penyakit blas ini, akan mengurangi resiko tanaman padi terserang jamur Pyricularia  grisea. Pencegahan dapat dilakukan dengan menanam bibit yang sehat, sebelum melakukan penyemaian benih harus direndam terlebih dahulu. Lebih jelas lagi bagaimana cara mencegah penyakit blas atau patah leher padi bisa anda baca pada artikel sebelumnya.
Silahkan baca : Cara Mencegah Penyakit Blas/Patah Leher Pada Tanaman Padi

2. Menggunakan Fungisida

Jika tanaman padi sudah menandakan gejala-gejala penyakit blas, maka segera lakukan penyemprotan menggunakan fungisida. Biasanya ditoko pertanian sudah banyak dijual fungisida untuk mengendalikan penyakit blas ini. Penyemprotan fungisida ini juga bagus dilakukan pada masa proses pembuahan.

3. Menanam varietas yang tahan penyakit

Selain itu anda bisa juga menanam padi dengan verietas tahan untuk mencegah agar penyakit blas tidak bisa menyerang.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi"

Post a Comment