Inilah Beberapa Kandungan Bahan Organik Jerami Padi

Dasar Pertanian - Jerami merupakan limbah pertanian yang berupa tangkai dan batang dari tanaman jenis serealia seperti padi. Jerami padi biasa dimanfaatkan oleh para petani untuk bahan pembuatan pupuk kompos. Selain itu, banyak juga para petani yang memanfaatkan jerami padi untuk pakan ternak. Kadungan bahan organik jerami padi sangat banyak, dan kandungan bahan organik tersebut sangat beramanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Makanya tak heran kita lihat petani yang membakar jerami padi pada lahan persawahaan mereka. Namun cara memanfaatkan jerami padi untuk pupuk alami dengan membakarnya sebenarnya salah. Kenapa tidak boleh membakar jerami padi dilahan persawahan? Jika anda membakar jerami padi pada area persawahan akan menimbulkan dampak buruk pada tanah dan lingkungan.
Baca juga : Inilah Dampak Buruk Membakar Jerami Padi dilahan Sawah

Pemanfaatan jerami padi untuk pertanian yaitu bertujuan meningkatkan unsur hara pada tanah. Kandungan hara yang terdapat dalam jerami padi mampu meningkatkan kesuburan tanah. Tapi bukan dengan cara membakarnya, melainkan dengan membiarkannya membusuk hingga berubah menjadi kompos.

Beberapa Kandungan Bahan Organik Jerami Padi


Adapun kandungan bahan organik yang tedapat pada jerami padi antara lain sebagai berikut :
1. Air : 9,02 %
2. Serat kasar : 35,68 %
3. Protein kasar : 3,03 %
4. Karbohidrat : 33,71 %
5. Lemak : 1,18 %
6. Abu : 17,17 %
7. Oksigen : 33,64 %
8. Karbon : 1,33 %
9. Hydrogen : 1,54 %
10. Silica : 16,98 %
11. Nitrogen : 24,70 %
12. Selulosa : 34,34 %
13. Pentose : 16,94 %
14. Lignin  21,40 % ( sumber : agroteknologi.web.id )

Begitu banyaknya kandungan bahan atau senyawa organik dari jerami padi tersebut, sehingga tidak heran jika digunakan untuk lahan pertanian sangat bagus dan dapat meningkatkan hasil pertanian. 


Demikianlah informasi tentang Kandungan Bahan Organik Jerami Padi yang dapat admin bagikan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Inilah Beberapa Kandungan Bahan Organik Jerami Padi"

Post a Comment