Cara Penyemprotan Hama Wereng Yang Benar dan Tepat

Dasar Pertanian - Membasmi hama wereng dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida menggunakan sprayer atau alat semprot lainnya. Hama wereng ini sendiri adalah hama yang sangat merugikan petani. Bagaimana tidak merugikan? Pasalnya dari sekian banyak faktor gagalnya budidaya padi, hama wereng termasuk salah satunya yang menjadi hama pemicu gagalnya budidaya padi. Dalam melakukan pengendalian hama wereng, penyemprotan adalah solusi yang paling tepat dan sering digunakan oleh para petani.

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang tehnik penyemprotan hama wereng, terlebih dahulu ada baiknya jika anda membaca artikel sebelumnya terkait hama wereng yang ada pada link dibawah ini.

Artikel lainnya :

Perlu anda ketahui bahwa tehnik penyemprotan hama wereng ini cukup mudah dan semua orang bisa melakukannya. Sebenarnya tidak ada bedanya dengan penyemprotan hama lainnya, hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyemprotan hama wereng ini. Berikut ini penjelasannya.

Cara Penyemprotan Hama Wereng Yang Benar dan Tepat
Contoh penyemprotan hama wereng secara massal


Cara Penyemprotan Hama Wereng Yang Benar dan Tepat


1. Sebelum anda menyemprot hama wereng, terlebih dahulu anda harus memilih jenis pestisida yang tepat sasaran. Maksudnya adalah anda harus jeli dalam memilih dan menentukan jenis pestisida yang cocok untuk hama wereng. Jika perlu gunakan pestisida yang sistemnya sistematik maupun kontak.

2. Sebelum penyemprotan sebaiknya sawah digenangi air setinggi mungkin agar nantinya hama wereng dapat naik keatas sehingga mudah dalam menyemprotnya. Karena jika tidak digenangi air, hama wereng akan ada pada batang padi dan sulit untuk terkena pestisida yang kita semprotkan. Tapi jika hama wereng naik diatas daun padi karena bagian pangkal batang padi terendam air, maka penyemprotan akan lebih tepat sasaran.

3. Gunakan nozel sprayer yang berbentuk kabut, anda bisa mengencangkannya agar pancaran air bisa seperti kabut. Dengan demikian akan menjangkau seluruh bagian tanaman padi dan dapat mengenai hama wereng.

4. Jika anda tidak menggenangi sawah dengan air, maka penyemrotan harus di prioritaskan pada bagian panggkal batang padi, karena itulah tempat bersarang hama wereng pada umumnya.

5. Melakukan penyemprotan massal : Penyemprotan massal ini maksudnya adalah anda bersama dengan para petani padi lainnya bareng-bareng melakukan penyemprotan agar hama wereng yang kita basmi benar-benar mati. Karena biasanya ketika kita sedang menyemprot, maka banyak hama wereng yang terbang dan kabur berpindah tempat. Dengan penyemprotan massal, maka tidak ada tempat bagi hama wereng untuk menyelamatkan diri.

Itulah beberapa Cara Penyemprotan Hama Wereng Yang Benar dan Tepat, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Penyemprotan Hama Wereng Yang Benar dan Tepat"

Post a Comment