Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan

Dasar Pertanian - Menanam jagung dapat dilakukan dimana saja asalkan memiliki lahan atau lokasi pertanian yang memadai. Kebanyakan petani menanam jagung dilahan yang berada di dataran tinggi. Namun perlu anda kethui juga bahwa menanam jadung ini bisa juga dilakukan dilahan yang rendah, seperti pada area persawahan. Sebelumnya kami juga telah mencoba membudidayakan jagung pada area persawahan dan hasilnya juga sangat memuaskan. Kunci dari suksesnya menanam jagung di lahan persawahan adalah perawatan, pengairan, dan pemupukan.

Jagung merupakan tanaman semusim yang memiliki umur pendek, sama halnya dengan tanaman padi, kacang panjang, timun, dan sejenisnya. Jadi misalnya anda ingin menanam jagung di area persawahan, maka yang harus anda lakukan adalah merawat dengan cara yang benar. Apakah bisa kita menanam jagung di area persawahan dan mendapatkan hasil yang bagus? Tentu saja bisa jika anda mau berusaha dan memahami serta mengetahui trik dan tips menanam jagung di area persawahan berikut ini.

Menanam jagung juga harus mengenali apa saja faktor yang dapat menghambat dan memicu kegagalan budidaya jagung. Seperti Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung, serta bagaimana cara mencegah dan menanggulanginya. Jika kita tahu sejak dini tentang faktor penghambat keberhasilan budidaya jagung, maka dapat saya jamin anda akan sukses dalam budidaya jagung meskipun di area persawahan.

Berikut ini blog dasar-pertanian akan membagikan sedikit tips dan pengalaman bagaiman cara menanam jagung di area persawahan agar sukses. Silahkan anda ikuti tips sederhana yang admin share dibawah ini.

Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan


Untuk menanam jagung pada lahan persawahan, diperlukan beberapa tips yang mana jika ini dilakukan dengan benar maka tanaman jagung yang anda budidayakan pada area sawah akan subur.

1. Sediakan sumber pengairan

Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan
Menanam jagung pada lahan persawahan ( Foto by : Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )

 
Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan
Tanaman jagung sudah berbuah ( Foto by : Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )

Sumber pengairan ini bisa berupa parit atau irigasi yang tujuannya untuk memasok air. Pada area persawahan biasanya sudah dibuat parit yang tujuanya untuk mengaliri air ke lahan sawah. Jika sawah anda belum ada paritnya maka buat dulu supaya memudahkan anda dalam melakukan pengairan tanaman.

2. Buat bedengan yang tinggi

Syarat agar bisa berhasil dalam budidaya jagung di area persawahan selanjutnya adalah anda harus membuat bedengan dengan agak tinggi. Tujuannya adalah supaya tanaman tidak tergenang air secara terus menerus. 

3. Pupuk dengan rutin dan berkala

Pupuk merupakan sumber nutrisi bagi tanaman yang harus diberikan secara rutin dan berkala. Untuk jenis pupuk yang bisa digunakan bermacam-macam, mulai dari pupuk npk, urea, atau pupuk organik, pupuk kandang, dan lain sebagainya.

4. Mencegah dan membasmi hama penyakit

Selain itu anda juga harus selalu mencegah hama dan penyakit pada tanaman jagung, tujuannya supaya tanaman jagung mampu berkembang dengan baik dan menghasilkan panen sempurna.

Itulah beberapa Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasana anda semua.

0 Response to "Tips Budidaya Jagung Di Area Persawahan"

Post a Comment