Apa Itu Hama Wereng ? Inilah Defenisi Hama Wereng

Pengertian Hama Wereng

 
Dasar Pertanian - Pengertian hama Wereng adalah sejenis hama penghisap tanaman yang sangat merugikan petani. Wereng ini sendiri merupakan sebutan umum untuk serangga penghisap cairan tumbuhan dari spesies ordo Hemiptera (kepik sejati), subordo Fulgoromorpha, yang memiliki ukuran tubuh kecil sebesar kepik. Wereng biasanya menyerang pada tanaman padi dan umumnya memiliki jumlah yang sangat banyak. Jika tanaman padi sudah diserng hama wereng, maka apabila tidak segera di basmi akan berakibat buruk pada tanaman padi.

Pengertian hama Wereng
Gambar hama wereng


Hama wereng seringkali menyerang tanaman padi yang sudah mulai berisi. Hama ini hinggap pada panggal hingga daun padi dan akan menghisap cairan peting yang ada pada tanaman padi. Penyebaran hama wereng in cukup cepat yang sulit di hindari, sehingga membuat para petani padi kewalahan. Penanggulangan hama wereng dapat dilakukan dengan beberapa cara.
Silahkan baca : Cara membasmi hama wereng

Untuk jenis dan spesies hama wereng ini juga bermacam-macam, ada yang namanya Wereng Coklat (Nilaparvata lugens), Wereng Hijau (Nephotettix virescens), Wereng Punggung Putih (Sogatella furcifera Horvarth), dan wereng loreng atau wereng zigzag.

Semua jenis hama wereng diatas sama saja dampaknya bagi tanaman padi, yaitu sangat merugikan dan harus segera dibasmi. Akan lebih baik jika kita mencegahnya agar hama wereng tersebut tidak sampai menyerang tanaman padi yang sudah kita tanam.

0 Response to "Apa Itu Hama Wereng ? Inilah Defenisi Hama Wereng "

Post a Comment