Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak

Dasar Pertanian - Faktor cuaca sangat mempengaruhi pada tanaman, seperti pada tanaman mangga yang seringkali mengalami pecah buah sebelum masak. Selain karena faktor kondisi cuaca buruk, pengaruh hama dan penyakit juga dapat mempengaruhi pecah buah. Ketika musim kemarau atau musim panas tiba, petani mangga banyak yang rugi karena tidak dapat panen buah mangga diakibatkan hampir seluruh buah mengalami pecah atau retak sebelum buah tersebut masak. Bahkan sering juga buah mangga mengalami busuk serta rontok sebelum tiba waktu panen. Jika di biarkan begitu saja mungkin tahun depan atau ketika datang musim kemarau bisa jadi tidak akan panen mangga. Lantas bagaimana cara mencegah agar buah mangga tidak pecah sebelum masak?

Baca juga : Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak

Sebenarnya untuk mengantisipasi dan mencegah agar buah mangga tidak pecah sebelum panen tiba itu mudah saja kalau kita tahu tehniknya. Meskipun cara ini tidak 100 % dapat mencegah hal tersebut, namun setidaknya ada usaha yang kita lakukan guna mengantisipasi agar buah mangga tidak mudah pecah. Adapun cara melakukan pencegahannya bisa kita lakukan dengan hal-hal berikut :

Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak
Gambar Buah Mangga Mengalami Pecah ( Foto original dasar-pertanian by Wahyu H.W )



Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak


Apabila tanaman mangga mengalami pecah buah ketika musim kemarau atau musim panas, kita bisa menanggulangi dengan cara rajin menyiram tanaman pada pagi dan sore hari. Tujuannya adalah supaya tanaman mendapatkan air, seperti kita tahu bahwa pada saat kemarau, air tanah akan berkurang sehingga tanaman akan mengalami dehidrasi atau kekurangan air, terutama jika tanaman dalam masa berbunga dan berbuah.

Selain itu, jika tanaman buah mangga pecah karena faktor lainnya, seperti kurang pupuk, maka kita juga bisa memberikan pupuk pada tanaman secara rutin dan terjadwal. Jika tanaman kurang nutrisi maka pertumbuhan buah juga akan lambat, bahkan kasusnya bisa saja buah mudah pecah.

Cara mencegah dan mengantisipasi buah mangga agar tidak mudah pecah sebelum masak adalah dengan membungkus buah mangga dengan plastik ( membrongsong ). Tujuannya supaya buah tidak terkontaminasi dengan hama jenis apapun, sehingga buah mangga bisa masak dan tidak pecah.

Itulah beberapa Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak versi dasar-pertanian, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda semua.

0 Response to "Cara Mengantisipasi dan Mencegah Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Masak"

Post a Comment