Inilah 4 Hal Penting Dalam Budidaya Semangka Yang Perlu Anda Tahu


Dasar Pertanian - Semangka adalah salah satu jenis buah yang banyak di minati oleh semua orang karena memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Tak heran jika pada cuaca panas, lebih-lebih pada saat musim kemarau tiba, pasti banyak petani yang beralih untuk menanam buah semangka. Dengan kondisi cuaca yang panas atau pada musim kemarau, tingkat kebutuhan buah-buahan segar sangat melonjak tajam, termasuk salah satunya buah semangka. 

Jika anda juga ingin menanam buah semangka, anda bisa memulainya dengan beberapa hal sederhana. Nah pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sedikit pencerahan, namun bukan mau menggurui ya, hanya sekedar berbagi pengalaman dan informasi saja tentang beberapa hal penting yang perlu kita ketahui dalam budidaya semangka.

4 Hal Penting Dalam Budidaya Semangka Yang Perlu Anda Tahu



4 Hal Penting Dalam Budidaya Semangka Yang Perlu Anda Tahu


1. Pemilihan lahan harus tepat

Sebelum anda menanam semangka, terlebih dahulu anda harus menentukan lahan yang akan digunakan untuk menanam buah semangka. Nah lahan yang bagus adalah lahan yang memenuhi semua kebutuhan tanaman, seperti unsur hara, pH tanah juga harus netral. Jika anda menanam semangka pada lahan yang gersang maka kemungkinan untuk berhasil sangat kecil, karena lahan gersang dan tandus tidak dapat membuat tanaman subur.


2. Pemilihan bibit semangka

Selain pemilihan lahan, memilih bibit juga penting dalam hal budidaya semangka ini. Menanam tanaman apapun jika bibit tidak berkualitas hasilnya tidak akan maksimal. Sama halnya dengan buah semangka, jika anda menanam semangka namun bibit yang anda tanam kurang bagus, maka hasilnya juga kurang maksimal.


3. Tehnik pengolahan lahan

Hal penting yang juga perlu diperhatikan sebelum menanam semangka adalah mengolah lahan secara tepat. Nah tehnik pengolahan lahan yang tepat dalam budidaya semangka yaitu dengan membuat bedengan, bisa menggunakan mesin maupun alat tradisional.


4. Perawatan tanaman

Selain beberapa hal diatas, ada juga faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya semangka, yaitu tehnik perawatan. Merawat tanaman adalah hal penting dan bisa menentukan hasil panen, apakah berhasil atau gagal. Jika tanaman semangka dirawat dengan baik tentu hasil panen juga akan maksimal, begitu juga sebaliknya. Nah tehnik perawatan tanaman semangka ini meliputi; penyiraman, pemupukan, pengendalian gulma, hama dan penyakit.

Itulah 4 Hal Penting Dalam Budidaya Semangka Yang Perlu Anda Tahu, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengalaman anda semua.

0 Response to "Inilah 4 Hal Penting Dalam Budidaya Semangka Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment