Inilah Beberapa Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak

Dasar Pertanian - Mangga adalah salah jenis tanaman buah yang banyaj dibudidayakan di indonesia. Buah mangga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi karena mengandung vitamin C dan juga serat yang bagus untuk tubuh. Jenis-jenis mangga yang sering dibudidayakan masyarakat antara lain mangga madu, mangga arum manis, mangga apel, dan masih banyak lagi jenis mangga yang tanam oleh masyarakat. Jika kita membudidayakan tanaman mangga, kita harus benar-benar merawatnya dengan serius, karena jika tidak dirawat maka bisa jadi kita gagal panen. Salah satu masalah yang sering terjadi dan banyak dialami oleh petani mangga adalah buah mangga sering pecah sebelum dapat dipanen.

Pernahkah buah mangga anda mengalami pecah kulit sebelum masak sehingga anda tidak jadi panen mangga? Biasa yang menyebabkan buah mangga pecah kulit sebelum masak adalah karena faktor alam, namun tidak menutup kemungkinan faktor lain juga dapat mempengaruhinya. Pada kesempatakan kali ini dasar-pertanian akan memberikan sedikit informasi tentang apa penyebab kulit buah mangga pecah sebelum masak. 

Lihat juga : Penyebab Buah Mangga Sering Busuk


Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak

Beberapa Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak


1. Faktor cuaca

Seperti yang sudah admin singgung diawal paragraf tadi bahwa salah satu penyebab buah mangga sering pecah sebelum masak adalah karena faktor alam yakni cuaca. Cuaca yang ekstrim dan tidak menentu dapat mempengaruhi produktivitas buah, terlebih jika pada saat cuaca kurang baik tanaman dalam masa berbunga atau bahkan sedang berbuah. Itu bisa menjadi penyebab buah mangga pecah duluan sebelum dapat kita panen.


2. Faktor hama

Selain karena cuaca buruk, ada juga penyebab buah mangga sering pecah yaitu hama. Hama pada tanaman mangga ini sering kali menjadi faktor penyebab gagalnya produksi buah. Jenis hama yang sering menyerang buah mangga ini juga banyak sekali, misalnya lalat buah, kutu buah, ulat buah, ulat daun, tungau, thrips, dan lain-lain. Bisa jadi buah mangga anda sering pecah juga karena faktor hama yang admin sebutkan itu.


3. Faktor penyakit

Tidak hanya hama saja yang menjadi penyebab buah mangga sering pecah, tapi penyakit juga dapat mempengaruhinya. Ada beberapa jenis penyakit pada tanaman mangga, seperti gleosporium, diplodia, bercak merah, antraknose, dan masih banyak jenis penyakit yang bisa menyebabkan buah mangga pecah sebelum panen.

Mungkin itulah Beberapa Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak, sekali ini informasi ini belum tentu benar sepenuhnya, hanya kemungkinan besar saja. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Beberapa Penyebab Buah Mangga Sering Pecah Sebelum Masak"

Post a Comment