Inilah Umur Panen Buah Semangka dan Ciri-Ciri Buah Semangka Sudah Masak

Dasar Pertanian - Masa panen buah adalah hal yang ditunggu-tunggu setiap petani buah, karena pada saat panen tentunya mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar. Tapi itu semua apabila budidaya tanaman berhasil dan tidak ada kendala. Sama halnya dengan buah semangka yang apabila tiba masa panen akan membuat petani senang hati. Buah semangka adalah buah yang sangat segar dan banyak diminati semua orang karena citra rasa yang manis dan menyegarkan. Apalagi jika musim kemarau, pasti banyak petani yang menanam buah semangka. Lalu kira-kira berapa lama umur panen buah semangka ini?

Umur semangka untuk dapat dipetik berbeda-beda tergantung pada varietas atau jenis-jenis semangkanya. Namun rata-rata usia panen buah semangka adalah berkisar antara 70-100 hari setelah tanam. Namun itu semua kembali pada jenis buah semangka yang kita tanam. Kadang kala umur panen buah semangka adalah 100-150 hari, bisa juga lebih atau kurang dari 100 hari.

Terkadang bagi petani yang baru pertama kali menanam buah semangka agak mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan ciri-ciri buah semangka yang sudah masak dan sudah bisa dipanen. Tapi bagi mereka yang sudah berpengalaman maka untuk mengenali ciri buah semangka yang sudah matang sangatlah mudah. Adapun bagi anda yang baru pertama menanam buah semangka, jika belum paham apa saja tanda buah semangka sudah boleh dipetik, silahkan baca ciri-cirinya berikut ini.

Umur Panen Buah Semangka dan Ciri-Ciri Buah Semangka Sudah Masak





  1. Buah semangka yang sudah masak dapat kita lihat dari warna buahnya yang sudah berubah agak kekuningan, hijau ketuaan atau agak pudar warnanya.
  2. Ciri buah semangka yang sudah masak juga dapat dilihat dari tangkainya yang sudah mulai mengecil dan kering.
  3. Selain itu dapat pula kita lihat dari bentuk daunnya yang juga sudah menguning dan layu.
  4. Ciri buah semangka sudah bisa dipanen atau sudah masak yang paling umum adalah dengan memukulnya dengan telapak tangan, bila terdengar seperti nangka masak berarti sudah masak.
Mungkin dengan 4 ciri tersebut kita sudah bisa mengenali apakah semangka yang kita tanam sudah masak dan bisa dipanen. Kalau ingin lebih jelas lagi anda bisa mengambil satu sampel buah semangka yang sudah besar dan membelahnya, jika sudah dirasakan manis berarti semangka sudah mulai masak dan anda bisa memilih dengan perkiraan dari ukuran yang sama dengan buah yang sudah dibelah tadi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Umur Panen Buah Semangka dan Ciri-Ciri Buah Semangka Sudah Masak"

Post a Comment