Tips Ampuh Supaya Semangka Berbuah Besar-Besar

Dasar Pertanian - Buah semangka adalah salah satu jenis buah yang banyak di sukai oleh semua orang karena memiliki rasa manis dan menyegarkan. Apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya maka buah yang satu ini sangat cocok di konsumsi untuk menyegarkan tubuh. Pada musim kemarau biasanya banyak orang yang berlomba-lomba menanam semangka, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Bagi anda yang memiliki niat untuk membudidayakan buah semangka dan berharap keuntungan besar, ada baiknya anda pahami dulu tata cara budidaya buah semangka. Kebanyak pembeli akan tertarik melihat buah semangka yang besar dan merah. Namun untuk memiliki tanaman semangka yang berbuah lebat dan besar-besar tidaklah mudah.

Cara supaya semangka berbuah besar dan lebat sangatlah mudah dan anda pastinya nanti dapat melakukannya sendiri. Pada kesempatan ini dasar-pertanian hanya ingin berbagi pengalaman tentang tips ampuh supaya buah semangka besar-besar dan lebat. Lalu apakah syarat yang harus dipenuhi supaya tanaman semangka yang kita budidayakan bisa berbuah lebat dan besar-besar. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Tips Ampuh Supaya Semangka Berbuah Besar-Besar
gambar ilustrasi buah semangka besar-besar

Tips Ampuh Supaya Semangka Berbuah Besar-Besar


1. Tepat dalam memilih benih/bibit

Tak jarang orang kecewa dengan pemilihan benih semangka, sebagian mereka merasa tertipu pada produk atau bibit semangka yang dikemas, nyatanya setelah bibit ditanam hasilnya jauh dari harapan. Jadi syarat pertama supaya tanaman semangka berbuah besar adalah terletak pada jenis atau varietas bibit. Pilihlah bibit semangka super yang bersertifikat.


2. Jarak tanam

Setelah bibit dipilih yang benar-benar super, maka jarak tanam juga menjadi syarat kedua supaya tanaman semangka berbuah lebat. Jangan menanam semangka dengan jarak yang terlalu rapat, minilanya tanamana semangka harus berjarak kurang lebih 50-80 cm setiap batangnya.


3. Pemupukan

Selain kedua hal diatas, ada syarat penting juga yang menentukan keberhasilan kita dalam budidaya buah semangka, yaitu pemupukan. Pupuk sangat penting untuk membuat tanaman tumbuh dan berkembang, nah anda harus memberikan pupuk khusus buah semangka yang baik dan benar.


4. Perawatan

Perawatan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas hasil panen buah semangka. Rawatlah tanaman semangka anda dengan benar-benar serius, mulai dari penyiraman, pemupukan, pembasmian hama dan penyakit serta membasmi gulma yang mengganggu tanaman.

Itulah beberapa Tips Ampuh Supaya Semangka Berbuah Besar-Besar, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Tips Ampuh Supaya Semangka Berbuah Besar-Besar"

Post a Comment