Pengertian Budidaya Tanaman Secara Umum Menurut Berbagai Sumber

Dasar Pertanian - Pengertian budidaya adalah suatu kegiatan terencana dalam usaha pemeliharaan sumber daya alam hayati yang dilakukan di suatu tempat atau areal guna di ambil hasil atau panennya. Budidaya ini memiliki banyak cabang, salah satunya adalah budidaya tanaman. Pengertian budidaya tanaman yaitu kegiatan pengembangan tanaman yang dilakukan pada suatu lahan pertanian maupun lahan yang dapat dijadikan sebagai tempat menanam tanamanan tersebut. Jadi maksudnya budidaya tanaman ini tidak harus dilakukan pada lahan pertanian yang luas, namun bisa juga dilakukan dilahan sempit, sebagai contohnya budidaya dengan menggunakan sistem hidroponik.

Dalam budidaya tanaman, sudah pasti akan berkaitan dengan dunia pertanian dan perkebunan. Ada banyak jenis tanaman budidaya yang bisa dijadikan sebagai media untuk meraih kesuksesan. Menjadi petani merupakan suatu pekerjaan yang mulia dan sangat bermanfaat bagi semua orang. Coba saja kita bayangkan jika tidak ada petani yang menanam tanaman, lalu dari mana bahan-bahan makanan seperti padi, jagung, atau semua jenis sayuran, buah-buahan, bumbu dan lain sebagainya. Jelas tidak akan ada semua bahan tersebut. Maka dari itu kita yang bukan petani harus menghargai jasa para petani dan mendukung program pemerintah terhadap pertanian di negara kita.

Budidaya tanaman adalah sutau kegiatan positif yang tidak hanya berguna sebagai media untuk meraih keuntungan, namun ada sisi lain yang dapat kita rasakan dengan adanya budidaya tanaman ini, salah manfaat budidaya tanaman adalah dapat mencegah polusi udara dan membuat udara menjadi sejuk. Jika lingkungan kita banyak tanaman hijau sudah tentu udara akan menjadi segar. Bisa kita lihat di daerah pedesaan yang belum banyak tercemar polusi karena banyaknya tanaman yang tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakatnya. Berbeda dengan daerah perkotaan yang semakin gersang, panas, dan berpolusi karena tanaman sudah di musnahkan dan dijadikan area pemukiman, pabrik, dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan masyarakat kita sadar dan memahami betapa pentingnya budidaya tanaman ini, sehingga mereka semua mau melakukan budidaya tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman jenis lainnya yang bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Budidaya Tanaman Secara Umum Menurut Berbagai Sumber"

Post a Comment