Penyebab Buah Semangka Busuk Sebelum Dapat Dipanen

Dasar Pertanian - Budidaya buah semangka sangat menyenangkan sekali, apalagi jika buah semangka sudah mendekati masa panen pasti anda tahu bagaimana perasaan kita saat itu. Memang menanam buah semangka ini memberikan banyak keuntungan, disamping kita dapat menikmati buah yang memiliki rasa segar dan manis ini, kita juga bisa meraup keuntungan besar jika mau membudidayakan dengan serius. Seperti yang beru-baru ini dilakukan para petani yang beralih menanam semangka karena musim kemarau tiba.

Lalu apakah menanam semangka ini harus dilakukan pada musim kemarau saja? Tentu saja tidak, pada musim penghujan juga bisa kok menanam buah semangka, namun pada musim penghujan kita diharuskan benar-benar serius merawatnya. Pada musim hujan intensitas air semakin bertambah dan resiko gagal panen pasti ada. Ada beberapa kejadian yang sering dialami petani semangka, salah satunya yaitu buah semangka banyak yang busuk dan membuat mereka rugi. Lalu apa sebenarnya penyebab buah semangka busuk sebelum dapat dipanen? Berikut ini dasar-pertanian akan membahasnya secara singkat.

Penyebab Buah Semangka Busuk Sebelum Dapat Dipanen

Penyebab Buah Semangka Busuk Sebelum Dapat Dipanen


Adapun penyebab kenapa buah semangka banyak yang busuk sebelum bisa dipanen sebenarnya bervariasi. Ada faktor dari dalam dan ada juga faktor dari luar. Nah apa saja faktor penyebab buah semangka sering busuk?

1. Faktor dari dalam

Penyebab buah semangka mengalami busuk bisa karena faktor dari dalam tanaman, seperti bibit yang kurang bagus, tehnik perawatan yang kurang intensif sehingga tingkat kemampuan tanaman beradaptasi menjadi lemah, sebagai contohnya pada musim hujan.


2. Faktor dari luar

Sedangkan faktor kedua yang sangat mempengaruhi kenapa buah semangka sering busuk adalah faktor dari luar tanaman, seperti musim, cuaca, serangan hama dan penyakit.

Sebenarnya hanya 2 faktor itu saja yang sering membuat tanaman semangka busuk sebelum dapat dipanen. Jadi sebaiknya kita melakukan perawatan secara intensif dan benar. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Penyebab Buah Semangka Busuk Sebelum Dapat Dipanen"

Post a Comment