Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka

Dasar Pertanian - Hama merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman yang kehadirannya sangat merugikan sekali. Banyak kasus yang terjadi petani gagal panen akibat serangan hama, seperti hal nya petani semangka. Hama pada tanaman semangka ini sangat bervariasi yang jika tidak segera di basmi akan berdampak buruk pada tanaman tersebut. Jika kita menanam semangka, maka salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah mencegah serangan hama supaya tidak menggannggu dan menyerang tanaman semangka. Jenis-jenis hama yang sering menyerang tanaman semangka ini cukup banyak, pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan memberikan sedikit review beberapa jenis hama yang menyerang tanaman semangka.

Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka


Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka


1. Hama kutu putih ( Pseudococcus sp )

Hama ini merupakan sejenis kutu yang berwarna putih, ciri-ciri hama kutu putih ini yaitu seluruh tubuhnya terselimuti lapisan lilin berwarna putih. Hama ini menyerang tanaman semangka dengan cara menghisap cairan pada daun semangka, jika tidak segera dibasmi akan menyebabkan daun semangka menjadi keriting. Jika daun semangka keriting maka dapat mengakibatkan daun semangka rontok.


2. Hama Thrips ( Thrips parvispinus )

Nah jenis hama yang sering menyerang tanaman semangka selanjutnya adalah hama thrips yang mana jenis hama ini merupakan penyebab terjadinya bercak daun berwarna perak. Hama ini menyebarkan virus keseluruh tanaman semangka yang mengakibatkan seluurh daun menjadi kering.


3. Hama ulat daun

Hama ulat daun juga termasuk salah satu hama yang paling seering menyerang tanaman semangka. Ada dua jenis ulat daun yang menyerang tanaman semangka ini, yaitu ulat grayak dan ulat jengkal. Kedua jenis ulat daun ini menyebabkan daun tanaman semangka berlubang.


4. Hama kutu daun ( Myzus perciae )

Nah jenis hama yang suka menyerang tanaman semangka selanjutnya adalah kut daun. Kutu daun ini juga suka menghisap cairan yang ada pada daun samangka. Jika tidak segera dibasmi akan merugikan sekali.

Jadi itulah beberapa Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka, semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka"

Post a Comment