Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar Dalam Hitungan Hari

Dasar Pertanian - Mencangkok pohon mangga adalah suatu hal yang cukup mudah untuk kita lakukan. Apalagi jika kita sudah terbiasa mencangkok tanaman, maka tidak akan sulit untuk melakukannya. Tahukan anda apa manfaat dan kegunaan dari mencangkok tanaman ini? Ada banyak manfaat dan kegunaan dari mencangkok tanaman, salah satunya adalah kita akan mendapatkan banyak tanaman atau bibit tanaman dengan versi yang sama dari tanaman induknya. Misalnya kita mencangok pohon mangga, maka hasil dari cangkok tersebut akan sama persis dengan tanaman mangga yang kita cangkok.

Cara mencangkok pohon mangga sangat mudah sekali, jika anda selama ini belum pernah mencangkok buah mangga, maka silahkan anda coba ikuti petunjuk yang akan admin berikan dibawah ini, jadi harap membaca artikel ini sampai tuntas dan jangan lupa untuk mengunjungi terus blog ini guna memperoleh pengalaman yang ada didalamnya.

Lihat juga : Cara Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat

Oke berbicara masalah cara mencangkok tanaman mangga yang baik dan benar, tentu dengan tehnik mencangkok yang benar akan menghasilkan bibit mangga baru yang berkualitas. Karena jika tidak tepat dalam mencangkok atau bisa kita katakan mencangkok mangganya tidak hati-hati, maka bisa di pastikan hasilnya tidak akan sesuai yang anda harapkan, yaitu hasil cangkok mangga tidak mau berakar. Kalau cangkok tanaman sudah lebih dari 1 bulan dan tidak juga tumbuh akar, maka bisa dipastikan anda gagal dalam mencangkok. Kenapa kok mencangkok tanaman bisa gagal dan apa penyebab mencangkok tanaman menjadi gagal?

Baca juga : Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Mencangkok Tanaman

Lalu bagaimana Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar Dalam Hitungan Hari? Untuk menjawab pertanyaan itu maka langsung saja anda baca penjelasannya dibawah ini. Karena apa yang admin sampaikan ini adalah murni hasil pengalaman pribadi yang kemudian admin tuangkan dan bagikan dalam artikel ini.


Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar


Persiapkan peralatan berikut ini :

  1. Pisau yang tajam ( kalau saya biasa membeli pisau cutter karena harganya murah dan dapat diganti atau di isi ulang ).
  2. Gunting ( Gak perlu yang baru asal masih bisa dipakai ya )
  3. Plastik bening transparan ( Biasanya saya gunakan plastik es ) atau kalau gak mau pakai plastik bisa juga pakai serabut kelapa. Tapi kalau anda ikut saya ya harus pakai plastik donk.
  4. Tali rafia ( Gak harus rafia juga boleh yang penting bisa untuk mengikat dengan kuat ).
  5. Media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos.


Cara Mencangkok :

  1. Silahkan anda cari dan tentukan dulu pohon mangga mana yang akan dicangkok. Setelah dapat maka anda haru pilih batang mangga yang lurus dan ukurannya sedang. Jika perlu cari batang yang sudah berbunga agar nanti cepat berbuah.
  2. Setelah dapat batang yang akan dicangkok, silahkan sayat atau kupas batang tersebut kira-kira dari pangkal batang sekitar 5 cm atau lebih juga boleh. Lalu silahkan sayat atau kupas dengan menggunakan pisau yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk lebar sayatan tergantung anda, kalau saya biasanya sekitar 5 cm atau tergantung besar kecilnya batang yang dicangkok.
  3. Kupas kulit pohon mangga dengan benar-benar bersih dan usakahan kambuimnya atau lendirnya bersih dan tidak ada lagi tersisa. Karena jika kambiumnya masih ada tertinggal, maka tidak akan berhasil nanti cangkokannya. Kenapa bisa demikian? Kambium tersebut akan menutup luka sayatan kembali.
  4. Setelah anda yakin bersih dan tidak ada lagi kambiumnya, maka tutup atau tempelkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk tadi, usahakan tanahnya dibasahin agar lembek dan bisa menempel.
  5. Setelah batas luka sayatan bagian atas tertutup tanah seluruhnya, lalau bungkus dengan plastik bening transparan dan ikat dikedua ujungnya kuat-kuat.
  6. Jangan lupa untuk melubangi cangkokan tersebut, cukup anda tusuk-tusuk dengan pisau atau lidi saja.
  7. Siram hasil cangkokan tersebut setiap hari, pagi dan sore hari selama proses pengakaran. 

Biasanya hasil cangkok akan mulai berakar setelah 20-30 hari tergantung anda mencangkoknya. Kalau mau lebih cepat berakar, sebelum ditempel tanah, anda bisa oleskan bawang merah terlebih dahulu. Karena manfaat bawang merah ini mampu merangsang pertumbuhan akar. Demikianlah sedikit pengalaman tentang Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar Dalam Hitungan Hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar Dalam Hitungan Hari"

Post a Comment