Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Merica / Lada dan Gejalanya

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit salah satu faktor penyebab gagalnya dalam budidaya merica atau lada ini. Karena serangan hama dan penyakit yang tidak terkendali dapat mempengaruhi perkembangan tanaman lada. Tanaman lada ini memang harus mendapatkan perhatian khusus, jika tidak akan terjadi penurunan produski. Nah yang menjadi penyebab turunnya produksi lada adalah serangan hama penyakit. Untuk jenis hama yang suka mengganggu tanaman lada ini sangat banyak, namun di antara sekian banyak hama pengganggu tanaman ini, yang paling sering kita jumpai adalah penggerek batang, penghisap bunga, dan juga hama penghisap buah.

Sedangkan untuk jenis penyakit yang sering menjangkit tanaman lada atau merica ini juga bervariasi, tapi dari sekian banyak penyakit tanaman lada yang paling sering di temui adalah penyakit busuk pangkal batang (BPB), penyakit kuning, dan penyakit kerdil atau keriting. Harus ada penanganan khusus terhadap hama dan juga penyakit pada tanaman lada merica ini. Di perlukan strategi khusus mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman merica ini.

Berikut ini merupakan beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang dan menjangkit tanaman lada serta gejalanya. 



Hama dan Penyakit Pada Tanaman Merica / Lada dan Gejalanya


1. Hama Penggerek Batang (Lophobaris piperis)

Jenis hama yang suka mengganggu tanaman lada merica ini biasa disebut penggerek batang atau dalam bahasa ilmiahnya Lophobaris piperis. Hama ini sangat merugikan sekali dan harus segera di basmi. Adapun larva dari hama ini akan menggerek pada bagian batang dan cabang-cabang pada tanaman lada. Gejala awal jika tanaman lada sudah terserang hama penggerek batang di tandai dengan daun yang mulai layu dan menguning, kemudian pada bagian batang maupun cabang yang digerek akan kering dan patah. Pada kasus yang sudah parah dapat mengakibatkan tanaman mati. Tidak hanya batang dan cabang saja yang di serang, stadia dewasa dari hama ini akan menyerang bagian pucuk tanaman, bunga hingga buah lada. AKibatnya produksi serta kualitas dari buah lada menjadi turun drastis.


2. Hama Penghisap Bunga (Diconocoris hewetti)

Hama kedua yang juga sering menyerang lada merica adalah penghisap bunga atau disebut juga Diconocoris hewetti. Hama ini khusus merusak bagian bunga tanaman lada. Gejala awal akibat serangan hama ini di tandai dengan rusaknya tandan, buah tidak optimal dan bentuknya tidak sempurna, bunga gugur sebelum bisa menjadi buah.


3. Hama Penghisap Buah (Dasynus piperis)

Tidak hanya hama penghisap bunga saja yang menyerang tanaman lada merica, ada juga hama penghisap buah yang biasa di sebut Dasynus piperis. Hama ini menyerang bagian buah, tunas muda, dan tangkai serta daun tanaman. Gejala awalnya di tandai dengan adanya bercak hitam pada buah hingga lama kelamaan buah menjadi gugur.

Itulah beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman lada, sedangkan penyakit yang sering menjangkit tanaman lada merica adalah sebagai berikut :


1. Penyakit kuning

Penyakit kuning pada tanaman lada ini merupakan jamur yang menjangkit pada tanaman, nama jamur ini adalah Fusarium oxysporum yang membuat daun tanaman menjadi kuning. Jika tidak segera di tangani akan mengakibatkan menurunnya produksi buah lada. Gejalanya adalah akan terlihat dari bagian tajuk serta permukaan akar tanaman lada, kemudian daun menguning dan lama-lama rontok.


2. Penyakit busuk pangkal batang

Penyakit yang suka menjangkit tanaman lada selanjutnya adalah penyakit busuk pangkal batang yang mana penyebabnya adalah patogen Phytophthora capsici. Akibat penyakit ini dapat membuat tanaman lada mati secara cepat dan dalam waktu yang cukup singkat. Gejala awalnya akan terlihat perubahan warna pada pangkal batang yaitu biru kehitaman di sertai adanya lendir.


3. Penyakit Kerdil atau keriting

Sedangkan penyakit yang selanjutnya adalah kerdil atau keriting, yang mana penyebabnya adalah virus pepper yellow mottle virus (PYMV) dan cucumber mosaic virus (CMV). Walaupun penyakit ini tidak mematikan namun dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan jelas akan menurunkan produksi buah lada. Kita bisa lihat tanaman yang kerdil tentu tidak akan berbuah maksimal.

Baca juga : Cara Ampuh Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Lada

Itulah beberapa jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Merica / Lada dan Gejalanya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sumber : http://babel.litbang.pertanian.go.id

0 Response to "Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Merica / Lada dan Gejalanya"

Post a Comment