Inilah Syarat Tumbuh Tanaman Merica Yang Harus Anda Ketahui

Dasar Pertanian - Tanaman merica atau lada adalah jenis tanaman rempah yang banyak miliki khasiat dan kegunaan. Masyarakat biasa menggunakan merica ini sebagai bumbu dapur dan juga penambah rasa pedas pada masakan. Selain digunakan dalam bumbu dapur, ternyata manfaat merica ini juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, artinya adalah tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman obat. Jika anda ingin membudidayakan merica ini, ada baiknya anda memahami seluk beluk tentang tanaman ini. Setidaknya anda tahu bagaimana syarat tumbuh tanaman merica, sehingga dengan anda tahu syarat tumbuh tanaman lada ini anda bisa menanamnya dengan baik dan benar.

Bagi anda yang ingin membudidayakan merica atau lada ini, anda juga bisa mempelajarinya dalam artikel sebelumnya tentang panduan sukses budidaya merica. Setidaknya dengan anda membaca sekilas artikel tersebut anda jadi paham dan tahu bagaimana tehnik budidaya merica yang baik dan benar, serta apa saja perawatan yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman merica ini.

Silahkan baca disini : Panduan Sukses Budidaya Merica Sampai Berhasil

Namun yang paling penting sebelum anda mulai menanam merica ini, seperti yang admin katakan diawal paragraf tadi bahwa anda harus tahu apa saja syarat tumbuh tanaman merica ini. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca penjelasannya berikut ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Merica



Syarat Tumbuh Tanaman Merica


1. Kondisi Iklim

Ketika hendak menanam merica, sebaiknya anda perhatikan kondisi iklim dan cuaca. Adapun kondisi iklim yang bagus untuk tanaman merica adalah sebagi berikut:
  • Tanaman merica baik tumbuh pada daerah dengan curah hujan sekitar 2.000-3.000 mm/tahun.
  • Tanaman merica sebaiknya mendapat penyinaran matahari penuh selama 10 jam dalam satu hari.
  • Suhu udara yang dibutuhkan pada tanaman merica adalah 200C pada kondisi minimum dan 340C maksimumnya.
  • Sedangkan untuk kelembaban udara 50-100 %, dan optimalnya 60-80% RH.
  • Selain itu kondisi angin juga menentukan keberhasilan dalam budidaya merica ini. Merica kurang bagus di budidayakan pada daerah dengan kondisi angin yang cukup kencang.


2. Kondisi Media Tanam

Untuk media tanam merica sebaiknya sebagai berikut:
  • Tanah subur dan banyak memiliki bahan organik.
  • Kondisi lahan sebaiknya tidak kering dan juga tidak tergenang air.
  • pH tanah sebaiknya 5,5-7,0
  • Tinggi lahan hendaknya 300-1.100 diatas permukaan laut.

Itulah beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Merica yang perlu anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Syarat Tumbuh Tanaman Merica Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment