Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Media Mencangkok Tanaman

Dasar Pertanian - Mencangkok adalah usaha untuk mengembangbiakkan/memperbanyak tanaman dengan cara  vegetatif buatan. Tujuan dari mencangkok yaitu untuk mendapatkan bibit tanaman yang mirip dengan tanaman induknya. Dengan mencangkok maka kita bisa mendapatkan bibit tanaman dengan jumlah yang banyak. Ada banyak keunggulan tanaman hasil cangkok yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah tanaman lebih cepat berbuah. Dalam kegiatan mencangkok, ada media yang perlu kita persiapkan. Salah satu media yang sangat diperlukan dan penting untuk kita perhatikan adalah tanah. Jenis tanah yang bagus untuk media mencangkok adalah tanah yang subur dan memiliki kandungan unsur hara.

Berikut ini dasar pertanian akan memberikan sedikit tips memilih jenis tanah yang bagus untuk mencangkok tanaman. Kenapa ini sangat penting dan perlu admin bagikan kepada anda? Karena jika kita tidak tepat dalam memilih jenis tanah sebagi media mencangkok maka bisa jadi hasil cangkok tidak bagus atau kita bisa gagal mencangkok karena akar tidak dapat tumbuh. Maka dari itu pemilihan jenis tanah untuk mencangkok sangat penting.

Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Media Mencangkok Tanaman

Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Media Mencangkok Tanaman


1. Tanah liat bercampur pupuk kompos

Jenis tanah yang cocok dan bagus digunakan untuk media mencangkok adalah tanah liat yang sudah kita campur dengan pupuk kompos, atau pupuk kandang. Untuk jenis pupuk kandang anda bisa pilih sendiri mau kotoran ayam, kambing atau sapi. Kalau bisa anda gunakan kotoran ayam yang sudah jadi karena lebih jos dan efeknya luar biasa.


2. Tanah humus

Tanah humus adalah tanah yang sangat bagus sekali untuk media mencangkok karena kaya kandungan unsur hara. Anda bisa menggunakan tanah humus sebagai media mecangkok yang bagus dan mempercepat pertumbuhan akar.

Sebenarnya dengan kedua jenis tanah tersebut kita sudah bisa mencangkok dan hasilnya akan bagus, pertumbuhan akar semakin cepat. Selain menggunakan media tanah, kita juga bisa mencangkok tanpa menggunakan tanah. Apakah bisa mencangkok tanpa menggunakan tanah namun cepat berakar? Jawabannya adalah bisa dan akan admin bahas pada postingan selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Media Mencangkok Tanaman"

Post a Comment