Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Akibat Hama

Dasar Pertanian - Daun jambu madu yang rusak akan berdampak buruk bagi perkembangan jambu itu sendiri. Akibatnya bisa saja pohon jambu tidak dapat berbuah, kalaupun berbuah hanya sedikit dan ujung-ujungnya gagal, rontok dan lain sebagainya. Penyebab utama daun jambu air atau jambu madu ini rusak atau berlubang adalah hama kecil seperti kepik, atau bisa juga disebut kepik daun. Jika anda selama ini mengira bahwa penyebab daun jambu banyak berlubang adalah ulat, ternyata anda salah. Karena saya telah menelitinya secara langsung pada malam hari bahwa bukan hama ulat yang membuat daun jambu air ini berlubang, melainkan hama kepik daun yang sebenarnya jumlahnya tidak terlalu banyak namun mampu menghabiskan seluruh daun jambu kita.

Untuk memastikan bahwa hama yang menyebabkan daun jambu anda rusak berlubang-lubang, silahkan anda lihat pada malam hari. Karena pada pohon jambu saya tidak pernah saya jumpai satu ekorpun ulat, maka rasa penasaran tersebut membuat saya keluar rumah malam hari untuk memastikannya dan ternyata memang benar bukan hama ulat yang menyerang daun jambu tetapi hama seperti kepik.

Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah


Lalu apa langkah awal untuk mengatasi atau menangani pohon jambu yang sudah rusak parah tersebut? Berikut ini dasar-pertanian akan meberikan solusinya kepada anda semua. Jadi silahkan baca terus sampai habis artikel ini dan jangan lupa untuk berkomentar jika artikel ini bermanfaat.


Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah


1. Memangkas ranting dan daun

Langkah pertama untuk mengembalikan atau memulihkan daun jambu madu atau jambu air yang sudah rusak parah akibat hama tadi adalah dengan melakukan pemangkasan ranting, cabang dan daun pohon jambu ini. Dengan kita melakukan pemangkasan ranting, cabang dan daun jambu akan membuat tunas-tunas baru nanti. Manfaat pemangkasan ranting, cabang dan daun pada tanaman juga dapat membuat tanaman lebih sehat dan cepat berbuah.


2. Menggemburkan tanah kembali

Setelah pemangkasan ranting, cabang dan daun selesai, langkah selanjutnya adalah kita gemburkan kembali tanah yang ada pada pot atau disekililing tanaman jika anda tidak menanamnya dalam pot. Penggemburan tanah ini berfungsi untuk mengaktifkan kembali tanah yang mati. Manfaat penggemburan tanah pada tanaman ini juga untuk menyuburkan kembali tanah, serta membuat tanaman menjadi sehat.


3. Merbersihkan gulma

Selain itu kita juga harus membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman jambu, agar tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Selain itu dengan adanya gulma, pemupukan yang kita lakukan tidak akan maksimal dan justru malah membuat gulma yang subur.


4. Memberikan pupuk kembali

Setelah penggemburan tanah selesai kita lakukan, langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk pada tanaman jambu tersebut. Untuk jenis pupuknya terserah anda mau menggunakan jenis pupuk apa. Kalau saya biasa menggunakan pupuk NPK Mutiara. Untuk dosisnya pada tanaman yang ada dalam pot, saya memberikan 1 genggam pupuk NPK Mutiara.

Baca juga : Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman


5. Menyiram tanaman

Setelah pemupukan selesai, sebaiknya langsung anda siram agar pupuk cepat larut. Jika perlu anda kocorkan dahulu pupuk NPK nya baru siramkan pada tanaman. Karena manfaat pupuk kocor ini sangat bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman.

Itulah beberapa tahap Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah. Jangan lupa setelah tunas-tunas mudah mulai tumbuh anda harus semprot dengan insektisida agar tidak lagi diserang hama. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Akibat Hama"

Post a Comment