Untung Besar Dari Budidaya Lada / Merica Yang Perlu Dicoba

Dasar Pertanian - Lada atau merica adalah salah satu tanaman rempah yang memang memiliki banyak manfaat, selain digunakan sebagai tanaman bumbu, ternyata ada manfaat lain dari pembudidayaan lada ini. Kita tahu bahwa di Indonesia hampir semua masyarkat menggunakan lada atau merica ini sebagai bumbu penyedap masakan. Maka tak heran kita lihat kebutuhan lada di Indonesia makin meningkat. Lalu bagaimana sikap kita dengan kebutuhan lada yang meningkat tersebut? Justrus inilah yang menjadi peluang baik untuk kita meraih keuntungan yaitu dengan membudidayakan merica atau lada ini.

Potensi yang besar dan untung yang lumayan besar akan kita dapatkan jika mau menanam lada dengan serius. Apalagi di dukung dengan lokasi yang strategis dan cocok untuk membudidayakan lada. Tanaman lada ini sangat baik di budidayakan di daerah dataran tinggi, kira-kira 800-1000 diatas permukaan laut. Nah bagi anda yang memiliki lahan kosong atau lahan yang sudah ada tanaman lain, bisa juga anda jadikan tempat untuk menanam lada. Misalnya anda memiliki lahan kopi, maka lada ini bisa ditanam secara tumpang sari dengan tanaman kopi.

Berapa keutungan yang diperoleh dengan menanam lada atau merica ini? Ya memang pertanyaan itulah yang mungkin ditanyakan oleh semua orang yang ingin berencana membudidayakan lada merica ini. Sebelum kita bahas tentang berapa besar keuntungan dari budidaya lada merica ini, mari kita lihat beberpa fakta tentang lada yang ada di masyarakat.

Untung Besar Dari Budidaya Lada / Merica Yang Perlu Dicoba



Fakta Tentang  Lada  Merica Yang Perlu Anda Tahu


1. Lada sebagai bumbu dapur

Jika kita cermati dan kita tanya pada diri sendiri, siapa sih yang tidak membutuhkan lada/merica ini? Jarang orang yang tidak menggunakan lada ini, rata-rata masyarakat kita menggunakan lada sebagai bumbu masakan. Bahkan jika tidak ditambah dengan lada, maka rasa masakan kurang sedap.


2. Potensi penghasilan yang besar

Dengan banyaknya kebutuhan lada di masyarakat, membuat potensi penghasilan yang cukup besar bagi kita yang mau menanam lada dengan serius.


3. Lada sangat mudah di budidayakan

Selain sebagai bumbu dapur, ternyata lada ini merupakan tanaman yang sangat mudah di budidayakan. Bahkan tanpa sering di beri pupuk tanaman ini akan tetap berbuah. Dengan demikian semua orang bisa menanamnya dan membudidayakannya.


4. Lada cocok ditanam didataran tinggi

Rata-rata di negara kita ini memiliki banyak dataran tinggi, jadi sangat cocok jika ditanami dengan tanaman lada ini.

Dengan melihat beberapa fakta diatas, sudah sangat jelas sekali bahwa kebutuhan lada atau merica bagi masyarakat begitu besar. Didukung dengan mudahnya membudidayakan serta tingkat kecocokan lahan yang ada di indonesia untuk menanam lada, membuat potensi penghasilan besar menanti kita. Adapun perkiraan yang bisa kita peroleh dari pembudidayan lada merica ini adalah sebagai berikut:

Jika kita memiliki lahan 1 hektar dan kita tanami lada, dan kita lihat harga lada perkilo sekarang kurnag lebih 50-100 ribu bahkan bisa lebih dari itu tergantung jenis lada yang dibudidayakan. Dalam satu pohon lada mampu menghasilkan 5-10 kg lada bahkan bisa lebih dari itu. Memang untuk panen lada hanya satu kali pertahun namun jika dilihat dari harga dan potensinya sangat besar. Silahkan anda hitung sendiri jika anda memiliki 1 hektar kebun lada dan panen pertahun rata-rata untuk 1 pohon menghasilkan 5-10 kg.

Mari kita tanam lada atau merica dan dapatkan omset yang besar, jika anda belum tahu bagaimana cara budidaya lada atau merica ini, silahkan anda baca juga artikel sebelumnya yang ada pada link berikut ini.

Silahkan baca : Panduan Sukses Budidaya Lada / Merica Sampai Berhasil

Demikian sedikit informasi tentang penjelasan seputar keuntungan menanam lada dan potensi penghasilan yang akan kita dapatkan dari budidaya lada. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda semua. Salam pertanian.

0 Response to "Untung Besar Dari Budidaya Lada / Merica Yang Perlu Dicoba"

Post a Comment