Panduan Sukses Budidaya Lada/Merica Sampai Berhasil

Dasar Pertanian - Lada atau biasa dikenal juga dengan nama Merica adalah tanaman rempah yang banyak memiliki manfaat. Tanaman ini banyak mengandung minyak, seperti minyak lada, minyak pati, lemak dan juga pati. Masyarakat biasa menggunakan lada sebagai bumbu dapur dan juga sebagai obat tradisional. Tanaman yang memiliki nama latin Piper nigrum ini merupakan rempah yang memiliki rasa pedas, panas, sehingga penggunaanya tidak boleh berlebihan. Cara menanam merica ini cukup mudah, namun bagi sebagian orang yang masih awam dan belum pernah sama sekali membudidayakannya mungkin akan kesulitan.

Merica sudah lama dikenal di Indonesia dan di jadikan sebagai tanaman penghasil rempah-rempah yang banyak di butuhkan. Selain itu jika kita tekun membudidayakan merica dengan baik, maka kita bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Apalagi harga yang ditawarkan terbilang mahal. Untuk lada putih di pasar dunia mencapai Rp.128.405/kg, lada hitam Rp.102.468/kg. Sedangkan di Indonesia harga lada juga bervariasi antara 50 ribu hingga 100 ribu. Bayangkan jika anda memiliki banyak kebun merica, kesuksesan tentu ada didepan mata anda.

Dalam artikel ini dasar-pertanian akan memberikan tips kepada anda yang mau menanam lada atau merica dengan hasil maksimal. Panduan budidaya merica sampai berhasil dan sukses ini juga admin ungkapkan dari berbagi sumber terpercaya. Untuk itu silahkan anda baca dan pelajari tehnik budidaya merica sampai sukses disini hingga habis.


Panduan Sukses Budidaya Lada/Merica Sampai Berhasil


Panduan Sukses Budidaya Lada/Merica Sampai Berhasil


1. Memahami syarat tumbuh merica

Hal paling penting sebelum kita menanam merica adalah dengan memahami bagaimana syarat tumbuh tanaman merica ini. Untuk mengatahui syarat tumbuh merica agar anda sukses budidaya merica, bisa anda baca penjelasannya pada artikel yang sudah admin tulis pada link dibawah ini.

Silahkan baca disini : Inilah Syarat Tumbuh Tanaman Merica

2. Pembibitan

Cara membibitkan merica memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, jika kita tidak teliti dan jeli bisa jadi gagal dalam pembibitan merica. Sebelum membibitkan merica ada beberapa ciri yang perlu anda ketahui, berikut ini merupakan ciri-ciri bibit merica berkualitas :
  • Merica terlihat padat, mengkilap dan cerah warnanya
  • Merica dihasilkan dari tanaman induk yang unggul, berkualitas, dan tentunya sehat
  • Merica terhindar dari serangan hama dan penyakit tanaman
  • Biji merica tidak mudah pecah, dan wanginya sangat tajam.


3. Cara menanam merica

Cara menanam bibit merica sangatlah mudah, mungkin yang sulit adalah membibitkan merica. Sebenarnya kita bisa membibitkan merica dalam polybag. Setelah tumbuh baru kita pindahkan pada lahan tertentu. Adapun cara menanam merica adalah sebagai berikut:
  • Buatlah lubang tanam dengan jarak 2 meter persegi.
  • Untuk kedalam lubang sekitar 50 cm.
  • Setelah anda buat lubang tanam, diamkan lubang selama 2 minggu sebelum bibit ditanam.
  • Waktu yang paling tepat menanam merica adalah diawal musim hujan, tepatnya pada pagi hari dan sore hari.
  • Setelah bibit merica ditanam, maka segera tambahkan pupuk organik, atau pupuk kompos. Bisa juga pupuk kandang jika anda memiliki hewan ternak.
  • Lakukan penyiraman rutin di pagi dan sore hari.
  • Melakukan perawatan tanaman dengan baik dan benar.

Dengan tehnik menanam merica yang baik dan benar akan menghasilkan tanaman yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Panduan Sukses Budidaya Lada/Merica Sampai Berhasil"

Post a Comment