Inilah Faktor Penyebab Gagalnya Hasil Mencangkok Tanaman

Dasar Pertanian - Mencangkok memang pekerjaan yang mudah namun bisa juga menjadi sangat sulit. Kesulitan dalam mencangkok tanaman adalah hasil akhir yang diperoleh tidak sesuai keinginan, maksudnya adalah hasil akhir mencangkok tanaman tersebut gagal. Kegagalan dalam mencangkok tanaman dapat dilihat dari kondisi cangkokan tersebut, biasanya ciri-ciri hasil cangkok yang gagal ditandai dengan tidak tumbuhnya akar, kulit sayatan menyatu kembali. Lalu apa sebenarnya faktor yang menyebabkan kegagalan dalam mencangkok tanaman? Dalam postingan kali ini dasar-pertanian akan mengulasnya secara singkat.

Faktor penyebab kenapa kita sering gagal dalam mencangkok tanaman bisa di pengaruhi oleh beberap hal. Dalam mencangkok memang jika kita tidak teliti dan cermat, akan menimbulkan dampak yang buruk, dampak buruknya ya hasil cangkokan tersebut gagal atau tidak mau berakar. Bisa jadi kulit yang sudah kita kupas kembali menyatu atau dalam kasus yang para bisa saja batang tanaman yang kita cangkok kering dan mati. Berikut ini beberapa faktor penyebab kegagalan dalam mencangkok tanaman.


Faktor Penyebab Gagalnya Hasil Mencangkok Tanaman


  1. Tidak bersih dalam menghilangkan kambium atau lendir pada saat mengeriknya. Jadi yang menjadi penyebab kenapa cangkokan tidak kunjung berakar dan justru menutup kembali sayatan tersebut adalah karena pada saat kita mengupas kulit batang tanaman yang hendak dicangkok, kita tidak bersih dan kambiumnya belum benar-benar hilang. Karena kambium yang masih tertinggal itu akan menyebabkan kulit luka pada tanaman akan kembali tertutup. Jadi solusi yang harus dilakukan jika sering gagal mencangkok adalah usahakan dalam mengerik lendir kambium harus benar-benar bersih dan hilang.
  2. Tidak diberi lubang pada hasil cangkokan tanaman. Maksudnya adalah ketika kita selesai mencangkok, maka sebaiknya kita buat lubang dengan cara menusuk-nusuk dengan lidi atau pisau atau apalah yang bisa digunakan untuk melubangi hasil cangkokan tersebut. Jika tidak dilubangi sama sekali bisa jadi menyebabkan gagalnya hasil cangkok tersebut.
  3. Tidak kuat dalam mengikat tali pada ujung atas hasil cangkokan. Jika kita tida kuat dalam mengkikay tali pada bagian ujung atas cangkokan, maka air hujan akan mudah masuk dan mengenai luka pada cangkokan. Ditambah lagi musim hujan, maka bisa menyebaban batang cangkok menjadi busuk dan gagal.
  4. Tidak pernah disiram. Jika kita mencangkok tanaman, maka agar cepat berakar dan jadi harus disiram secara rutin dipagi dan sore hari. Penyiraman cangkokan tanaman ini juga harus benar melakukannya, jangan asal siram begitu saja karena dapat menyebabkan kegagalan perakaran.

Itulah beberapa Faktor Penyebab Gagalnya Hasil Mencangkok Tanaman, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Faktor Penyebab Gagalnya Hasil Mencangkok Tanaman"

Post a Comment