Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot )

Dasar Pertanian - Tabulampot atau biasa dikenal dengan nama tanam buah dalam pot merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan sekali, apalagi jika tanaman sudah mulai berbuah. Jenis tanaman buah yang bisa ditanam didalam pot banyak contohnya, seperti jambu air dan sejenisnya, buah mangga, jeruk, kelengkeng, dan lain-lain. Manfaat dari tabulampot ini sendiri sangat banyak sekali, dan admin sendiri juga merasakan banyak manfaat yang diperoleh dari tabulampot. Namun jika anda ingin sukses dalam tabulampot, anda harus mau bekerja keras merawat tanaman tersebut, termasuk menjaga kesuburan tanah didalam pot. Salah satu tips agar tanah dalam pot tetap subur adalah dengan memberikan atau meletakkan serabut kelapa didalam pot.

Kegunaan serabut kelapa ini dalam tanah sangat banyak sekali, salah satunya untuk menyuburkan tanah. Bahkan banyak orang yang sengaja meletakkan serabut kelapa pada tanaman mereka, baik yang ada didalam pot maupun tidak dalam pot. Faktanya dengan meletakkan serabut kelapa pada tanaman akan membuat tanaman menjadi subur, tanah yang ada didalamnya juga menjadi bagus dan teksturnya lembab, serta dingin. Sehingga untuk tanaman akan bermanfaat sekali dalam kesuburannya.

Berikut ini beberapa Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot yang sudah admin rasakan sendiri dan ini merupakan pengalaman pribadi dan anda juga bisa menerapkannya pada tanaman anda.


Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot )


1. Meningkatkan kesuburan pada tanah

Tanah yang subur jelas dapat membuat tanaman diatasnya juga subur dan berkembang dengan sangat baik. Jika anda ingin menambah kesuburan pada tanah yang ada didalam pot, maka tambahkan atau letakkan serbut kelapa diatasnya.

Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot )
Pemberian serabut kelapa pada tabulampot ( Foto original dasar-pertanian by Wahyu Hendro W )

Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot )
Daun tanaman terlihat hijau dan subur karena diberi serabut kelapa


2. Memberikan hawa dingin pada tanah

Dengan meletakkan serabut kelapa diatas pot, maka tanah akan menjadi lebih dingin dan sejuk bagi tanaman diatasnya, kalau tidak percaya silahkan anda letakkan serabut kelapa diatasnya, kemudian beberapa minggu atau bulan kemudian anda pegang tanahnya dan bandingkan dengan tanah yang tidak diberi serabut kelapa.


3. Mendorong organisme dalam tanah (cacing) untuk tinggal dilokasi tersebut

Manfaat memberikan serabut kelapa pada tanah didalam pot akan memancing organisme seperti cacing agar mau mendekat dan tinggal didalamnya. Karena cacing sangat menykaui tempat yang dingin. Manfaat cacing pada tanah ini jelas sekali dapat menyuburkan tanah.


4. Menjadikan tanah gersang menjadi subur

Jika anda memiliki lahan atau tanah yang ada dalam pot itu kering dan terlihat gersang, maka manfaat meletakkan serabut kelapa diatas tanah tersebut akan membuat tanah gersang menjadi subur. Silahkan anda coba sendiri dan lihat keajaibannya.


5. Menambah oksigen dalam tanah

Manfaat serabut kelapa pada tanah juga dapat menambah oksigen dalam tanah. Oksigen sangat penting sekali pada tanaman.


6. Membuat tanaman menjadi subur

Manfaat penting meletakkan serabut kelapa pada pot adalah akan membuat tanaman menjadi subur dan cepat berkembang.


7. Membuat daun menjadi lebih hijau

Manfaat lain dari serabut kelapa adalah akan membuat hijau daun semakin bagus dan anda bisa bedakan daun tanaman yang diberi serabut kelapa dengan tanaman yang tidak diberi serabut kelapa.

Itulah beberapa Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot ), mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua. Jangan lupa untuk tetap berkunjung disini dan jadilah pembaca setia blog dasar pertanian ini.

0 Response to "Manfaat Memberi Serabut Kelapa Pada Tanaman Didalam Pot ( Tabulampot )"

Post a Comment